Thursday, 22-02-2024
Kesehatan

Antisipasi Rabies, Bhabinkamtibmas Dampingi Petugas Lakukan Vaksinasi Rabies

Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra mendampingi petugas dari Kesehatan Hewan Gianyar, drh Eka Ritnawati melakukan vaksinasi rabies ke hewan peliharaan (anjing dan kucing) milik warga di Banjar Dauh Labak, Desa Singakerta, Gianyar, Selasa (20/6/2023). (BB/Hms Polres Gianyar)

Ubud | barometerbali – Dalam rangka mengantisipasi penyakit rabies (anjing gila), Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra dampingi petugas dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Gianyar lakukan vaksinasi rabies di beberapa wilayah desa binaan.

Kegiatan yang dilakukan secara door to door oleh Bhabinkamtibmas mendampingi drh Eka Ritnawati selaku petugas Kesehatan Hewan Gianyar lakukan vaksinasi rabies ke hewan peliharaan (anjing dan kucing) milik warga di Banjar Dauh Labak, Desa Singakerta, Gianyar, Selasa (20/6/2023).

Aiptu I Made Widastra mengimbau kepada warga untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat lainnya termasuk kepada petugas bila ada indikasi kasus rabies, termasuk kerja samanya untuk memberikan vaksin hewan. Warga pun tetap diminta untuk tidak resah terhadap maraknya penyakit rabies namun demikian warga juga harus selalu berhati-hati dan waspada.

Kapolres Gianyar AKBP I Ketut Widiada, melalui Kapolsek Ubud Kompol I Made Uder, menjelaskan, pemberian vaksin terhadap hewan peliharaan warga ini guna mencegah penyebaran penyakit rabies yang disebabkan gigitan anjing dan kucing maupun hewan peliharaan lainnya.

“Suntik vaksin antirabies ini penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin pada hewan akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan dan efektif mencagah penyakit rabies,” ujarnya.

Kapolsek Ubud menambahkan melalui peran Bhabinkamtibmas dalam upaya penanganan penyakit rabies disebabkan gigitan anjing ini, pendampingan pun diberikan saat dilakukannya vaksin rabies agar terhindar dari virus rabies yang berdampak buruk bagi kesehatan baik manusia dan hewan.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button