Thursday, 22-02-2024
Pendidikan

Pascasarjana Unud Diaudit Tim Asesor BAN-PT

Foto: Asesor BAN-PT lakukan asesmen lapangan daring pada Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana, Senin (3/7/2023). (BB/Unud)

Denpasar | barometerbali – Tim Asesor BAN-PT melakukan asesmen lapangan (audit) secara daring pada Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana (Unud), Senin (3/7/2023) lalu.

Pembukaan asesmen dihadiri oleh Rektor Unud, Ketua Senat, Ketua Lembaga, Kepala UPT Perpustakaan, USDI, Plt. Direktur Pascasarjana beserta jajaran, Koordinator Program Studi, para Guru Besar, Dosen, Mahasiswa dan alumni bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar.

Pelaksanaan Asesor dihadiri oleh Prof. Dr. Eddy Heraldy, M.Si (Universitas Sebelas Maret) dan Prof. Ir. Eddy Setiadi Soedjono, Dipl.SE.M.Sc., Ph.D (Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Dalam kesempatannya, Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU., menyampaikan terima kasih atas kehadiran Asesor melalui asesmen daring ini untuk memberikan penilaian pada Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Plt. Direktur Pascasarjana dan Koordinator Program Studi beserta jajaran yang sudah menyiapkan segala sesuatu sehingga akreditasi bisa dilakukan, walaupun berlangsung secara daring.

Mudah-mudahan proses akreditasi ini bisa berjalan sesuai harapan bersama. Asesor bisa hadir secara langsung di Pascasarjana Unud untuk memberikan beberapa masukan baik berkaitan dengan akreditasi maupun pengembangan kelembagaan di Universitas Udayana, mudah-mudahan di lain waktu kita ada kesempatan untuk itu,” ujar Rektor Unud.

Rektor juga turut memperkenalkan sekilas mengenai Universitas Udayana, saat ini memiliki 13 Fakultas, Pascasarjana dan 121 Program Studi, 95 persen sudah terakreditasi unggul, sangat baik dan A serta pengembangan kelembagaan dari PTN BLU menjadi PTN-BH.

“Saat ini di Pascasarjana Unud memiliki enam Program Studi, dimana sebelumnya lebih banyak karena sekarang ada Program Studi dikelola Fakultas untuk linieritas. Perkembangan enam Program Studi yang dikelola Pascasarjana ini sangat luar biasa dan patut diberikan apresiasi untuk itu,” imbuhnya.

Rektor memiliki harapan besar terhadap Program Studi Magister Ilmu Lingkungan karena di Bali yang eksis adalah pariwisata budaya, dalam konteks ini kehadiran para ahli lingkungan menjadi hal yang sangat penting sehingga nanti harapannya kontribusi Unud melalui alumni S2 Lingkungan ini bisa menjadi partner untuk mengembangkan pariwisata budaya agar industri pariwisata tidak tumpang tindih dengan lingkungan.

“Diharapkan Program Studi S2 Ilmu Lingkungan di Unud ini bisa mengawal bagaimana pengembangan pariwisata budaya yang tentu saja berwawasan lingkungan dan industri wisata tidak berhadapan dengan masalah-masalah lingkungan,” ucapnya.

Sementara itu, Tim Asesor menyampaikan asesmen ini merupakan tugas yang diamanahkan BAN-PT kepada pihaknya selaku Asesor, dimana harus sudah dilaksanakan tetapi beberapa waktu yang lalu ada perubahan di Tim Asesor.

“Saat pelaksanaan asesmen lapangan yang dibutuhkan sederhana saja tidak usah berbelit-belit, tunjukkan saja bukti yang ada, jika ada perubahan agar disampaikan,” pungkasnya.

Selama dua hari pelaksanaan asesmen ini, Tim Asesor akan berusaha memotret sebaik-baiknya apa yang ditunjukkan, dimana proses akreditasi ini adalah proses yang berkesinambungan, jadi dalam meningkatkan mutu sifatnya berkesinambungan.

“Sebagai insan akademik yang harus dikedepankan adalah kejujuran, perbaikan mutu yang selalu dilakukan agar lulusan atau capaian pembelajaran bisa sesuai dengan yang telah ditetapkan,” tutupnya. (BB/212)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5718-Asesor-BAN-PT-Lakukan-Asesmen-Lapangan-Daring-pada-Program-Studi-Magister-Ilmu-Lingkungan-Pascasarjana-Universitas-Udayana.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button