Tuesday, 20-02-2024
Peristiwa

Dihantam Ombak, Kaki Bule Inggris Terkilir

Foto: Tim SAR dari Unit Siaga SAR Nusa Penida mengevakuasi WNA Inggris OV (22) yang alami cedera kaki usai dihantam ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu (12/7/2023). (BB/Basarnas Bali/Ay)

Nusa Penida | barometerbali – Wisatawan asing asal Inggris alami cedera saat berwisata di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu (12/7/2023) sore. Sekitar pukul 16.30 Wita, korban OV (22 tahun) berenang dan tiba-tiba dihantam ombak hingga kaki kiri-nya terkilir (dislokasi).

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi tersebut, 30 menit setelah kejadian dari masyarakat. Tim SAR dari Unit Siaga SAR Nusa Penida diberangkatkan menuju Pelabuhan Banjar Nyuh dan berkoordinasi untuk menggerakkan Boat Ocean Rider selanjutnya menuju lokasi korban.

Sementara itu petugas darat terus berkomunikasi dengan Polsek Nusa Penida dan Klinik Nusa Medika. SRU Laut sebanyak 5 personil yang terdiri dari Unit Siaga SAR Nusa Penida, Polsek Nusa Penida dan ABK Boat, meninggalkan Pelabuhan Banjar Nyuh pada pukul 17.40 Wita.

“Korban kita evakuasi dengan cara ditarik dari bibir pantai menuju ke tengah, karena pada saat evakuasi gelombang cukup tinggi,” ungkap Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Cakra Negara. Upaya evakuasi berlangsung kurang lebih 1 jam lamanya.

Pada pukul 18.15 Wita korban berhasil dievakuasi ke atas Boat Ocean Rider dalam keadaan selamat, selanjutnya dibawa menuju Pelabuhan Banjar Nyuh, Nusa Penida. Setibanya di darat, korban segera dilarikan ke Klinik Nusa Medika menggunakan ambulans.

Selama proses evakuasi berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Koramil Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, Klinik Nusa Medika, dan ABK Ocean Rider.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button