Monday, 26-02-2024
Jurnalisme

Wartawan Profesional Wajib Pegang Teguh Etika Jurnalistik

Foto: Ketua PWI Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra (kiri) menyerahkan Pataka saat melantik Pengurus PWI Kabupaten Jembrana diketuai Ida Bagus Siwantara masa bakti tahun 2023- 2026. (BB/Rilis PWI/Wan)

Jembrana | barometerbali – Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, insan pers dituntut untuk semakin kreatif dan profesional dalam menyajikan sebuah berita dengan tetap berpegang teguh pada etika jurnalistik, sehingga wartawan tetap berada di koridor yang tepat. Demikian Bupati Jembrana dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati (Wabup) I Gede Ngurah Patriana Krisna pada Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Jembrana masa bakti tahun 2023-2026 di Gedung Kesenian Ir. Soekarno Jembrana, Sabtu(15/7/2023).

“Banyak informasi yang beredar sangat beragam bahkan nyaris tanpa filter hingga hoaks (informasi bohong, red) yang mengganggu kondusivitas kehidupan publik. Untuk itu peran serta insan pers sangat penting dalam menyaring dan menyajikan berita yang benar, berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan di masyarakat,” ungkap wakil bupati yang kerap disapa Ipat ini.

Wabup Patriana mengatakan, dengan dilantiknya Pengurus PWI Jembrana diharapkan dapat menguatkan perannya sebagai mitra pemerintah dalam menginformasikan seluruh kegiatan pembangunan kepada masyarakat melalui berbagai kanal media.

“Eksistensi PWI Kabupaten Jembrana akan menjadi sarana perekat dan pemersatu insan pers,” tandasnya di sela-sela acara.

Sebelumnya Ketua PWI Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra melantik Pengurus PWI Kabupaten Jembrana masa bakti tahun 2023- 2026. Dalam sambutannya Dwikora Putra mengajak jajaran wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Jembrana untuk menciptakan pers yang sehat.

“Beri masyarakat informasi yang benar dan akurat serta ikut pula memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah. Jangan hanya kecepatannya saja dikejar dalam menyampaikan berita, yang lebih penting lagi adalah melakukan check and recheck (periksa dan periksa ulang, red) terhadap kebenaran data yang diperoleh,” tambahnya.

Selaku Ketua PWI Bali dua periode, Dwikora Putra mengharapkan agar pengurus PWI Jembrana yang baru dilantik tetap menjaga kemitraan dan sinergitas yang telah terjalin baik dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Jembrana. Disebutkan juga jumlah anggota PWI Bali hingga kini mencapai 450 orang.

Adapun Pengurus PWI Kabupaten Jembrana yang dilantik itu, Ketua Ida Bagus Siwantara (Warta Bali), Sekretaris Putu Agus Mahendra (Bali Tribune), Bendahara Ni Putu Witari (Denpost). Sedangkan sebagai Penasihat Putu Aryana (Perspectivesnews.com).

Kepengurusan dilengkapi dengan seksi-seksi, yakni Seksi Organisasi, Seksi Advokasi dan Pemberdayaan Wartawan, Seksi Pendidikan dan Budaya, Seksi Hukum dan Politik, Seksi Ekonomi, Seksi Pariwisata dan Kesejahteraan, serta Seksi Olahraga.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button