Tuesday, 20-02-2024
Peristiwa

Tim SAR Evakuasi Wisatawan Terseret Arus di Diamond Beach

Foto: Upaya Tim SAR mengevakuasi wisatawan India AL (laki-laki/26) yang terseret arus di Diamond Beach, Nusa Penida, Kamis (27/7/2023). (BB/Hms Basarnas Bali/Ay)

Klungkung | barometerbali – Basarnas Bali menerima permintaan untuk mengevakuasi seorang wisatawan yang terseret arus di Diamond Beach, Nusa Penida, Kamis (27/7/2023).

Pihak pengelola wisata melaporkan bahwa korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. AL (laki-laki/26) yang merupakan warga negara asing (WNA) asal India terseret arus sekitar pukul 11.55 Wita.

“Sebenarnya korban sudah sempat diselamatkan wisatawan lainnya dibawa ke pinggir namun sudah tidak sadarkan diri,” terang Cakra Negara, Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida. Dijelaskan oleh Cakra, pada saat itu sempat dilakukan pertolongan awal dengan memberi nafas bantuan, akan tetapi tidak berhasil.

Setelah memperoleh informasi, Basarnas Bali langsung memberangkatkan 4 orang personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida menuju lokasi. Setibanya di Diamond Beach, tim bergabung dengan unsur SAR lainnya turun menuju pantai dan melaksanakan evakuasi. Dikarenakan cuaca ekstrem dan berpengaruh pada kondisi gelombang di Perairan Nusa Penida, maka evakuasi dilakukan dengan membawa korban menggunakan tandu dari pantai hingga ke atas tebing.

Proses evakuasi berlangsung sekitar 35 menit. Pada pukul 14.30 Wita tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban, dan selanjutnya dibawa menuju RS Gema Shanti dengan menggunakan kendaraan ambulans Klinik Nusa Medika.

Selama Operasi SAR berlangsung turut melibatkan Basarnas Bali, Polsek Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, Pos AL Nusa Penida, Tim medis Klinik Nusa Medika, masyarakat dan pihak keluarga. (ay/hmsdps)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button