Monday, 26-02-2024
Info

Bikin Paspor 1 Hari Selesai Bayar 1 Juta

Foto: Petugas Imigrasi menunjukkan paspor yang sudah terbit (Sumber: Hms Kemenkumham Bali/Skd)

Jakarta | barometerbali – Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim sebut penerbitan paspor di Indonesia termasuk tercepat di dunia.

“Indonesia itu adalah negara yang tercepat menerbitkan paspor, di Jerman, 4 sampai 6 minggu, di Indonesia 3 hari, bahkan kalau percepatan bisa satu hari, di Singapore bisa 2-3 minggu, di Tiongkok, bisa berbulan-bulan,” beber Silmy.

Dalam tabel layanan penerbitan paspor di Imigrasi tertera untuk paspor biasa dikenai biaya Rp350.000, paspor elektronik Rp650.000, dan paspor percepatan Rp1.000.000.

Hal tersebut ia sampaikan dalam sebuah kesempatan wawancara dengan awak media di Jakarta pada 4 Agustus 2023.

“Saya masih teringat arahan Presiden Jokowi untuk memberikan pelayanan cepat dan bersih, tentunya di sini harus mudah,” ucap Silmy.

Dalam kesempatan tersebut, Silmy mengatakan saat ini Imigrasi Indonesia fokus pada proses digitalisasi pelayanan Keimigrasian. Baik bagi WNI maupun WNA.

“Saat ini WNA bisa akses pengurusan visa melalui laptop di rumah, WNI bisa urus paspor juga melalui aplikasi, saat ini kuota paspor kami buka untuk dua bulan ke depan, dalam satu bulan kita melayani penerbitan paspor lebih dari 450.000,” ungkap SIlmy.

Imigrasi Soekarno-Hatta sendiri selama periode Januari – Juli 2023, telah menerbitkan 55.268 paspor. Terdiri dari 46.203 paspor melalui layanan reguler, dan 9.065 paspor melalui layanan percepatan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan keimigrasian yang terbaik, sehingga masyarakat tidak merasa kesulitan dalam proses penerbitan paspor,” kata Muhammad Tito Andrianto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta.

Imigrasi Soekarno-Hatta menjadi salah satu konsentrasi perbaikan layanan Keimigrasian. Tidak hanya dalam pemeriksaan Keimigrasian di bandara, pelayanan Keimigrasian seperti penerbitan paspor juga menjadi fokus peningkatan. Imigrasi Soekarno-Hatta memiliki Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3) terbaik dengan durasi layanan tujuh hari dalam seminggu, dan kuota terbanyak di seluruh Indonesia.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button