Tuesday, 20-02-2024
Peristiwa

WNA Perancis Tergelincir di Pantai Kelingking

Kolase: Tim SAR mengevakuasi WNA Perancis, DDE, wanita (45) yang tergelincir di tebing Pantai Kelingking dan mengalami cedera bahu kanan. (Sumber: Hms Basarnas Bali/Ay)

Nusa Penida | barometerbali – Tim SAR gabungan mengevakuasi Warga Negara Asing yang mengalami cedera saat berwisata di Pantai Kelingking, Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Jumat (11/8/2023) sore.

Korban yang merupakan WNA asal Perancis, DDE, wanita usia 45 tahun, usai foto-foto di obyek wisata tersebut, saat menuruni tangga tebing, tiba-tiba tergelincir hingga mengalami dislokasi pada bahu kanan.

“Kami terima informasi pada pukul 16.15 Wita dari Bapak Putu, dan segera memberangkatkan 7 personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida menggunakan RIB,” terang I Nyoman Sidakarya, Kepala Kantor Basarnas Bali.

Namun kondisi laut menjadi kendala dalam proses evakuasi. Sekitar pukul 17.00 Wita ombak pecah ketika mendekati bibir pantai, dan korban tidak berani untuk dievakuasi melalui laut.

“Tim Rescue memutuskan untuk berlabuh menuju pelabuhan terdekat di Toyapakeh, Nusa Penida kemudian menuju lokasi korban untuk melaksanakan evakuasi melalui jalur darat,” ungkapnya.

Kondisi korban masih memungkinkan untuk berjalan, maka evakuasi dilakukan mandiri. Di lokasi korban langsung diberikan penanganan awal oleh tenaga medis.

Akhirnya sekitar pukul 19.30 Wita tim SAR gabungan berhasil melaksanakan evakuasi, dan selanjutnya korban dirujuk menuju klinik Nusa Medika dengan menggunakan ambulans untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali (Unit Siaga SAR Nusa Penida), Polsek Nusa Penida, Tim Media Nusa Medika, Koramil Nusa Penida, pemandu wisata Pantai Kelingking.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button