Tuesday, 27-02-2024
Pendidikan

FIB Unud Menerima Kunjungan Akademik Sekolah Internasional Kanto Jepang

Foto: FIB Unud menerima kunjungan akademik dari Jepang, Senin (7/8/2023). (BB/FIB/Unud)

Denpasar | barometerbali – Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (BIPA FIB Unud) menerima kunjungan akademik, siswa-siswi SMA Internasional Kanto Jepang, di Denpasar, Senin (7/8/2023).

Dalam laporannya sebagai Koordinator Program BIPA FIB Unud, Prof. I Nyoman Suparwa menyampaikan rasa syukur karena acara dapat berlangsung sesuai rencana, dan merupakan kunjungan lanjutan yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Kunjungan siswa SMA Internasional Kanto Jepang ini merupakan implementasi dari kerja sama FIB Unud dengan SMA Internasional Kanto yang bertujuan mempererat hubungan kerja sama di antara keduanya serta meningkatkan pemahaman siswa SMA Internasional Kanto dalam bahasa Indonesia dan budaya multikultural, khususnya Jepang-Indonesia,” jelasnya.

Bentuk pembelajaran dilaksanakan berupa pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas, sehingga nantinya akan melibatkan beberapa unit dan instansi, tidak hanya BIPA itu sendiri, akan tetapi juga program-program studi yang ada di lingkungan FIB Unud, serta instansi pendidikan lainnya yakni SMA Santo Yoseph, SMKN 5 Denpasar, Sekolah Luar Biasa, dan panti asuhan.

“Siswa SMA Internasional Kanto Jepang yang hadir sejumlah delapan orang didampingi oleh dua guru mereka yakni Yumiko Horas dan Shu Adachi,” tambahnya.

Dalam laporannya, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak kanto yang telah mempercayai penyelenggaraan program ini kepada BIPA FIB Unud.

Pada kesempatan yang sama, guru pendamping siswa SMA Intenasional Kanto Jepang, Yumiko Horas, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada FIB Unud karena sudah berkenan menerima kunjungan siswa-siswinya.

“Selama kunjungan yang dilakukan, siswa kami mengikuti berbagai jenis kegiatan baik berupa pembelajaran bahasa dan budaya serta pengabdian kepada masyatakat,” ungkap Yumiko.

Dirinya berharap bahwa melalui program ini, siswa-siswi Kanto dapat memperdalam keterampilan mereka dalam berbahasa Indonesia dan memahami budaya Indonesia melalui interaksi langsung dengan penutur asli bahasa Indonesia.

Kegiatan juga dihadiri Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIB Unud, Dr. Dra. Ni Made Suryati, M.Hum., Koordinator Program BIPA FIB Unud, Prof. Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suparwa, M.Hum beserta jajaran, Koordinator Unit Pengelola Informasi FIB Unud, Novita Mulyana, S.S., M.Hum., dan para instruktur BIPA FIB Unud.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIB Unud, Ibu Dr. Dra. Ni Made Suryati, M.Hum. yang pada kesempatan tersebut mewakili Dekan FIB Unud, menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara kunjungan SMA Internasional Kanto secara resmi.

“Fakultas Ilmu Budaya yang bergelut dibidang budaya, tentu sangat tepat menjalin kerja sama dengan SMA Internasional Kanto Jepang dalam membangun kerja sama dalam Bahasa dan budaya. Sebagai pimpinan fakultas kami sangat bangga dan berterima kasih karena SMA Internasional Kanto Jepang telah memilih Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana sebagai tempat untuk menjalin kerja sama”, ujar Dr. Suryati.

Dalam sambutannya ia juga menyampaikan, Fakultas Ilmu Budaya menyambut baik kegiatan seperti ini karena akan dapat merealisasikan visi, misi, dan tujuan lembaga, terutama membangun hubungan kerja sama baik lokal maupun internasional

Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama, tur mengelilingi FIB Unud untuk melihat fasilitas pendukung pembelajaran yang dimiliki FIB, kegiatan pengenalan program BIPA FIB Unud, serta mengikuti kegiatan budaya berupa pengenalan alat musik tradisional Bali/gamelan. (BB/212)

Sumber: www.unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button