Tuesday, 20-02-2024
Pendidikan

Maksimalkan Proses Akademik Sastra Jepang, JICA Kirim Tenaga Pengajar untuk FIB Unud

Foto: FIB Unud terima kedatangan staf pengajar dari JICA, Jepang, Selasa (8/8/2023). (BB/FIB/Unud)

Denpasar | barometerbali – Sebagai upaya memaksimalkan proses akademik berupa pembelajaran Program Studi (Prodi) Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana (Unud), menerima audensi tenaga (staf) pengajar dari Japan International Cooperation Agency (JICA), di Kampus Sudirman Unud, Denpasar, Selasa (8/8/2023).

Dalam kesempatannya, Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum menjelaskan, Inoue Mai diutus langsung oleh JICA untuk membantu proses belajar-mengajar di FIB Unud khususnya Sastra Jepang, agar pemaparan materi pembelajaran ke mahasiswa bisa lebih maksimal, mengingat materinya secara langsung dipaparkan oleh tenaga ahli dari JICA tersebut.

“Kedatangan Inoue Mai dapat membantu meningkatkan mutu program studi Sastra Jepang khususnya kualitas pembelajaran serta keterampilan dosen dalam mengajar,” ungkap Dekan.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada JICA karena sudah berkenan memberikan bantuan staf pengajar kepada salah satu prodi di FIB Unud.

Inoue Mai juga ikut menyatakan rasa syukurnya, karena ditugaskan di FIB Unud. Tidak hanya karena dirinya memang sudah tinggal di Indonesia selama 2 tahun, akan tetapi juga karena budaya, lingkungan dan makanan Bali yang khas serta kharakter orang Bali yang begitu ramah.

“Saya komit untuk membantu mahasiswa Sastra Jepang di FIB Unud, bagaimana belajar bahasa Jepang dengan lebih baik lagi dengan berbekal pengalaman dan ilmu sastra (Jepang, red) yang saya kuasai, berharap bisa menjadi bekal masa depan mahasiswa disini,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Sastra Jepang FIB Unud, I Made Budiana, S.S., M.Hum menambahkan, bahwa prodi Sastra Jepang tentunya akan merasa sangat terbantu dengan adanya junior expert dari JICA ini, dan dirinya berharap kompetensi mahasiswa dan dosen dapat meningkat dengan kehadiran Inoue Mai.

“Beliau (Inoue Mai, red) akan ikut mengajar pada mata kuliah yang akan ditawarkan pada semester ganjil 2023/2024 mendatang,” tutupnya. (BB/212)

Sumber: www.unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button