Wednesday, 24-07-2024
Peristiwa

Lumpuh Terkena Stroke, Gusti Niyang Kardi Terima Bantuan Kursi Roda dari Yayasan Duwe Nyama Bali

Foto: Ketua Yayasan Duwe Nyama Bali (DNB) Putu Panca Wardani (menunduk) menyerahkan bantuan kursi roda kepada I Gusti Niyang Kardi (80) yang terbaring lumpuh akibat serangan stroke di kediamannya Dusun/Banjar Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rabu (27/9/2023). (Sumber: IGN Susila)

Klungkung | barometerbali – Kepedulian Yayasan Duwe Nyama Bali (DNB) dalam membantu kaum disabilitas, dan warga tak mampu, tak perlu diragukan lagi. Buktinya yayasan yang didirikan tokoh Bali I Dewa Nyoman Budiasa kali ini, pada hari yang sama setelah usai mendonasikan kursi roda di daerah Gianyar kini berlanjut menyerahkan sebuah kursi roda untuk lansia mengalami kelumpuhan pascaterkena serangan stroke (pecahnya pembuluh darah ke otak, red) di Kabupaten Klungkung.

Penyerahan kursi roda dilakukan oleh Ketua Yayasan DNB Putu Panca Wardani dan diterima dengan senang hati oleh Gusti Niyang Kardi (80) bersama putra dan menantunya didampingi Kelihan Dinas I Wayan Pasek di Dusun/Banjar Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rabu (27/9/2023).

“Hingga saat ini kami sudah menyerahkan sekitar 150 buah kursi roda di seluruh kabupaten, kota di Bali. Sesungguhnya Yayasan Duwe Nyama Bali adalah milik masyarakat Bali, milik Semeton Bali, duwe semeton (milik saudara, red) Bali, ngiring sareng-sareng (mari bersama-sama, red) kita menjaga Bali ini dengan rasa saling memiliki, dalam wujud tulus ikhlas, dalam kedamaian kita untuk pasemetonan (persaudaraan, red). Jadi yayasan ini didirikan oleh Pak I Dewa Nyoman Budiasa ini untuk masyarakat Bali,” tutur perempuan yang kerap disapa Gek Panca didampingi pengurus Yayasan DNB Gek Cahya.

Gek Cahya (kiri) mendampingi Ketua Yayasan Duwe Nyama Bali (tengah) menyerahkan kursi roda kepada I Gusti Ngurah Suarjana (kanan), putra dari I Gusti Niyang Kardi yang mengalami stroke (Sumber: Ngurah Dibia)

Lebih lanjut dijelaskan pula, tujuan dari Yayasan DNB adalah untuk bersama-sama mencintai dan menjaga tanah Bali beserta isinya termasuk Semeton Bali. Salah satu kegiatannya memberikan bantuan sosial dan kesehatan kepada warga kurang mampu, kaum disabilitas, dan lansia dengan menggandeng Klinik Padma Bahtera Medika.

“Kita membantu Semeton Bali penuh kasih dari segala suku, agama apapun. Kami hadir di Bali ini dalam penuh rasa kekeluargaan. Ibaratnya apapun ragam kami, apapun warna kita, yang pasti kita adalah masyarakat Bali, dan Duwe Nyama Bali adalah milik masyarakat Bali,” tandas Gek Panca.

Rasa memiliki imbuhnya, adalah landasan kebersamaan orang Bali. Spirit Duwe Nyama Bali menjadi pengingat dan memperteguh rasa persaudaraan dan kebersamaan sebagai salah satu tabiat luhur orang Bali. Melalui program sosial kemanusiaan serta pemberdayaan, sebagai upaya untuk selalu hadir dan melengkapi gerak keharmonisan, karya nyata bagi ketauladanan generasi.

Mendapat bantuan kursi roda dari Yayasan DNB kepada ibunya yang telah renta, I Gusti Ngurah Suarjana sebagai putranya merasa terharu dan mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut.

“Kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Duwe Nyama Bali. Terima kasih banyak juga kepada Ajik I Dewa Nyoman Budiasa, Ibu Panca dan Gek Cahya atas bantuan kursi roda untuk ibu saya yang terkena stroke seminggu lalu. Kursi roda ini akan sangat membantu melancarkan aktivitas ringan bagi ibu saya sehari-hari,” ungkap Ngurah Suarjana seraya menuturkan hingga kini ibunya terus rutin mengikuti jadwal kontrol kesehatan di RSUD Klungkung.

Kelihan Dusun Sarimertha I Wayan Pasek (kiri) dan I Gusti Ngurah Suarjana menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan kursi roda yang diberikan oleh Ketua Yayasan Duwe Nyama Bali Putu Panca Wardani (kanan). (Sumber: Ngurah Dibia)

Pada kesempatan itu Kelihan Dinas Dusun Sarimertha I Wayan Pasek sangat menyambut gembira dan mengapresiasi bantuan kemanusiaan yang diterima warganya dengan kondisi fisik yang uzur dan sudah tak mampu lagi untuk berdiri atau pun berjalan kaki tersebut.

“Karena warga tityang (saya, red) Gusti Niyang sudah mendapatkan bantuan kursi roda, semoga dapat difungsikan dengan baik. Matur suksma ping banget (terima kasih banyak, red) atas sumbangsih dari Yayasan Duwe Nyama Bali ini. Mudah-mudahan seluruh program DNB untuk sosial kemanusiaan berjalan dengan lancar dan rahayu (selamat, red),” tutup Kelihan Wayan Pasek.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button