Tuesday, 20-02-2024
Peristiwa

Jelang HUT TNI ke-78, Satgas Yonif 122/TS Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkoba di Perbatasan

Foto: Satgas Yonif 122/TS gagalkan penyelundupan Narkoba jenis ganja, Rabu (4/10/2023). (BB/IST)

Jayapura | barometerbali – Menjadi sebuah kado prestasi pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-78, 5 Oktober 2023, ditorehkan oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG), Satgas Yonif 122/TS, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkoba jenis Ganja, di Kampung Mosso, Muaratani, Jayapura, Papua, Rabu (4/10/2023).

Dalam keterangannya, Kapten Inf. Alif Setiaji selaku Pasi 1/Intel mengungkapkan kronologis penggagalan tersebut, bermula saat Personel Pos Kout melaksanakan Bhakti Sosial kepada masyarakat di Pasar Skouw dan Anjangsana, berkunjung di rumah Ibu Sukma (Pedagang Pasar Skouw) sebagai momentum menyambut HUT TNI Ke-78, kemudian melihat ada  2 orang yang tidak dikenal berkeliaran dengan gerak-gerik mencurigakan.

Sementara itu, diwaktu yang bersamaan, Aiptu Karyadi dan Briptu Faruq (Anggota Pos Subsektor Muara Tami) menghampiri Pratu Zein Sipahutar beserta 2 orang lainnya, Prada Ari Rahman dan Prada Yedi Tanduk Langit (Pos Kout Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS), menyampaikan kecurigaannya dari gerak-gerik 2 pelaku tersebut.

Kedua orang yang di curigai tersebut terlihat mengambil barang (bungkusan plastik) dari salah satu masyarakat PNG, dan mereka langsung bergerak menuju ke arah Jayapura. Melihat hal tersebut, Pratu Zein Sipahutar beserta 2 orang anggotan lainnya, Prada Ari Rahman dan Prada Yedi Tanduk Langit (Pos Kout Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS), berserta Brigpol Bagus dan Briptu Faruq (Anggota Pos Subsektor Muara Tami) melakukan pengejaran terhadap kedua orang yang di curigai tersebut, kemudian berhasil memberhentikan kendaraan milik mereka masyarakat untuk dilakukan pemeriksaan.

“Pada saat melakukan pemeriksaan terhadap barang yang dibawa oleh ke dua orang masyarakat yang  di curigai tersebut di  temukan 21 paket Narkoba jenis Ganja kering yang telah siap diedarkan,” jelas Pasi Intel.

Baca juga: “BNPB Lakukan Operasi Udara dan Darat Hadapi El Nino

Atas kejadian tersebut, kedua pelaku masyarakat  di giring menuju ke Pos Kout Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan selanjutnya diserahkan kepada pihak Kepolisian. (BB/212)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button