Thursday, 22-02-2024
Pendidikan

Unud Gelar Seleksi Tim ON-MIPA 2024

Foto: Proses seleksi Tim ON-MIPA 2024, Rabu (4/10/2023). (BB/Unud)

Denpasar | barometerbali – Universitas Udayana (Unud) melaksanakan Seleksi Tim ON-MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan) untuk tahun 2024 bertempat di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Rabu (4/10/2023).

Seleksi dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud dan dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Pertanian, Ketua dan Sekretaris Unit Penalaran dan Kreativitas, Koordinator Minat, Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan beserta Sub Koordinator dan Tim Perumus Soal sekaligus Pembina.

Ketua Panitia, I Putu Tedy Indrayana, S.Pd., M.Sc dalam laporannya menyampaikan seleksi ini dalam rangka mempersiapkan Tim ON-MIPA Unud untuk nanti di tahun 2024.

“Ini dilakukan lebih awal berdasarkan hasil pertemuan yang telah dilaksanakan di Pusat Kreativitas dan Prestasi Mahasiswa, karena bercermin dari tahun-tahun sebelumnya memang kita harus melakukan persiapan yang lebih keras lagi karena persaingan ditingkat nasional dengan kampus-kampus besar yang secara input merupakan alumni-alumni OSN maupun yang internasional,” ucapnya.

Unud yang sudah beberapa kali lolos seleksi nasional walaupun belum pada tahapan memperoleh medali penghargaan dan itu artinya kita harus mempersiapkan diri dengan baik. Untuk seleksi kali ini diikuti oleh 44 peserta yang berasal dari lima fakultas.

Undangan sudah dikirimkan kepada delapan fakultas namun yang berpartisipasi hanya ada mahasiswa dari lima fakultas yakni Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik.

“Jadi kita berharap dengan 44 peserta ini nantinya kita benar-benar akan melakukan seleksi yang mana akan dipilih lima peserta terbaik dari masing-masing bidang yang selanjutnya akan dibina sesegera mungkin. Jadi kita akan lakukan pembinaan mulai begitu selesai diumumkan nanti tanggal 11 Oktober, kita sudah siap-siap untuk lakukan pembinaan,” ujar Ketua Panitia.

Melalui kesempatan tersebut Ketua Panitia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan karena benar-benar telah mensuport kegiatan ini. Pihaknya juga berharap adik-adik mahasiswa bekerja keras untuk menjadi seorang juara olimpiade, jangan baru belajar ketika mau akan lomba.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D, IPU., ASEAN Eng. dalam sambutannya menyampaikan Tim sangat bersemangat untuk mendorong mahasiswa menuju ON MIPA, semua Tim bergerak masif dan sangat cepat untuk semua kegiatan-kegiatan lomba untuk itu mahasiswa juga agar bersemangat. Wakil Rektor memberikan apresiasi atas kinerja yang sudah dilakukan. 

Lebih lanjut Wakil Rektor menyampaikan bahwa seleksi ini memang dimajukan lebih awal, begitu juga dengan kegiatan kemahasiswaan lainnya, tentu hal ini dalam rangka mempersiapkannya dengan sebaik mungkin agar mahasiswa betul-betul siap untuk mengikuti ajang lombanya nanti.

“Selama ini Tim Unud selalu lolos untuk tingkat wilayah dan nasional namun belum mendapat medali. Ini menjadi tugas berat bersama, untuk itu agar serius mengikuti kegiatan ini, jangan sampai dikalahkan perguruan tinggi lainnya. Kita harus menunjukkan kalau kita itu mampu. Ada beberapa prestasi yang sudah diraih seperti di NUDC, KDMI dan ajang serupa yang digelar oleh Puspresnas,” imbuhnya.

Melalui kesempatan tersebut Wakil Rektor juga meminta Tim untuk mengecek mahasiswa jalur PJMP apabila ada yang melalui OSN agar diminta untuk ikut. Insentif juga sudah disiapkan bagi mahasiswa yang meraih prestasi nasional. Wakil Rektor berharap nantinya ada yang bisa lolos ke tingkat nasional dan meraih medali. (BB/212)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6016-Persiapkan-Mahasiswa-dalam-ON-MIPA-Universitas-Udayana-Selenggarakan-Seleksi-Tim-ON-MIPA-2024.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button