Tuesday, 20-02-2024
Pendidikan

Berhasil Kembangkan Potensi Lebah Hutan, 2 Siswa SMKN 2 Negara Berhasil Toreh Prestasi Nasional

Foto: I Komang Mahardika dan Ni Komang Tri Wiguna Wati berhasil meraih medali emas pada kompetisi bergengsi nasional. (BB/212)

Jembrana | barometerbali – Dua orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Negara, I Komang Mahardika dan Ni Komang Tri Wiguna Wati berhasil meraih medali emas pada kompetisi bergengsi nasional, Festival Inovasi dan Kewirausahaan (FIKSI) di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatannya Kepala SMK Negeri 2 Negara, Ketut Suartika mengatakan, kedua siswa program keahlian agribisnis produksi tanaman tersebut berhasil menoreh prestasi, melalui keahlian mereka tentang budidaya lebah yang menghasilkan madu lokal Bali, melalui teknik pengolahannya dan pemasaran terpadu secara mandiri.

“Berkat pengalaman mereka memanfaatkan koloni lebah hutan dibudidayakan secara mandiri sehingga mampu menghasilkan produk berupa madu lokal. Produk ini mereka pasarkan secara mandiri dan hal ini yang berhasil menarik perhatian juri lomba, beberapa pihak juga berkeinginan untuk berinvestasi dari inovasi mereka (siswa SMKN 2 berprestasi, red) ini,” ungkap Ketut Suartika kepada awak media, Sabtu (7/10/2023).

Ketut Suartika juga mengungkapkan, rasa syukur dan bangga atas prestasi yang di raih kedua siswa tersebut dan mengatakan tetap akan memfasilitasi bagi siswa/siswi untuk maju dalam kegiatan lomba-lomba lainnya, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Sementara itu, Komang Mahardika dan Wiguna Wati menyampaikan, dalam ajang kompetisi tersebut banyak hal mereka peroleh seperti, pengalaman bertanding, ilmu tentang budidaya, hingga pengolahan madu asli. Mereka mengataka, dari torehan prestasi tersebut, juga banyak pihak yang berkeinginan memberikan dukungan material untuk pengembangan usaha kedepannya.

“Sebenarnya, dari pengalaman kami membudidayakan Lebah lokal tidak mudah. Terutama untuk mendapatkan koloni baru yang habitatya masih hidup liar, untuk itu diperlukan pengetahuan dan pengalaman khusus agar koloni baru dapat ditangkap dan dibudidayakan secara mandiri,” ucap Mahardika.

Mereka juga menambahkan, dari rasa kecintaannya terhadap lebah, untuk saat ini mereka baru mampu membudidayakan sebanyak 15 kotak koloni baru, direncanakan akan terus mengembangkannya sehingga keberadaan koloni lebah lokal ini juga tidak punah. (BB/212)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button