Tuesday, 27-02-2024
Pendidikan

Poltekpar Bali Gelar Praktik Lapangan

Foto: PKL Mahasiswa MTP Poltekpar Bali. (BB/IST)

Gianyar | barometerbali – Program Studi Magister Terapan Pariwisata sukses menyelenggarakan Kegiatan Praktik Lapangan Mahasiswa Semester 1 Program Studi Magister Terapan Pariwisata di Gianyar, Bali pada tanggal 5-7 Oktober 2023, Senin (9/10/2023).

Kegiatan ini dilaksanakn dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang nyata kepada mahasiswa tentang permasalahan yang dihadapi oleh sebuah destinasi yang ditentukan, menggali informasi dengan berbagai metode baik check list, survey, kuesioner, maupun wawancara kepada pengelola, masyarakat lokal maupun wisatawan.

Kegiatan pada hari pertama, tanggal 5 Oktober 2023 dilaksanakan di Tegal Dukuh Camp, Desa, Tegallalang, Gianyar Bali. Materi Pertama disampaikan oleh Bapak Wardika selaku founder dari Tegal Dukuh Camp. Selain penyampaian materi dari narasumber, mahasiswa juga melakukan observasi lapangan, foraging di areal pertanian setempat dan observasi laboratorium konservasi kunang-kunang.

Peserta juga dihadapkan dengan studi kasus yang disajikan dilapangan, dan kemudian dipresentasikan terkait dengan hasil diskusi kelompok terhadap studi kasus yang diberikan. Peserta juga diajak membuat masakan timbungan, sayur kelor, sambal matah dan jukut urab dan berbagai kuliner lokal yang sarat akan nilai gastronomi. Peserta diajak terlibat langsung dalam penyajian paket wisata berbasis alam dan budaya lokal (eco-tourism)

Kegiatan dilanjutkan pada hari selanjutnya dengan mengunjungi Sanctoo Gianyar. Mahasiswa memperoleh ilmu terkait dengan pengelolaan bisnis hospitality dan pengelolaan usaha pariwisata dari narasumber Subali dan Ade Diah Safitri.

Kegiatan ditutup dengan kegiatan yoga yang diikuti seluruh mahasiswa maupun pendamping mahasiswa antara lain dosen Program Studi Magister Terapan Pariwisata Poltekpar Bali yaitu Dr. Ida Ayu Putri Widawati, SE., M.Si. dan Dr. Titien Damayanti, SE., M.Si.

“Hari terakhir pelaksaan kegiatan ini ditutup dengan seluruh peserta maupun pendamping melakukan observasi lapangan dengan mengendarai ATV di kawasan Gianyar,” jelas Widawati.

Rangkaian kegiatan Praktik Lapangan ini diharapkan mampu menghasilkan kajian-kajian terbarukan mengenai keadaan atau praktik sebuah model pengelolaan di sebuah destinasi wisata atau industri hospitaliti, dan menemukan inovasi-inovasi yang dapat dikembangkan di sebuah destinasi. (BB)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button