Tuesday, 20-02-2024
Pendidikan

Kolaborasi dengan Pemkab Buleleng, Dosen FTP Unud Didapuk Jadi Narasumber di Desa Sudaji

Foto: Kolaborasi Pemkab Buleleng dengan FTP Unud. (BB/FTP/Unud)

Denpasar | barometerbali – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana terus berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten guna pendampingan dan standarisasi produk pangan, Jumat (6/10/2023).

Kali ini kolaborasi dilakukan dengan Pemerintah Buleleng yaitu Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng tepatnya untuk pengembangan kualitas dan diversifikasi produk olahan pangan unggulan Kabupaten Buleleng Tahun 2023.

Kegiatan dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng Bapak Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si., Perbekel Desa Sudaji. Kegiatan Standarisasi Teknis Pengolahan dan Labeling Kemasan Gula Aren Juruh dan Gula Aren Batok di Desa Sudaji, Buleleng telah berjalan dari tanggal 3 – 5 Oktober 2023 di Kantor Desa Sudaji dan Rumah Produksi Kelompok UKM Penggiat Gula Aren Batok dan Gula Aren Juruh Sudaji.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 22 Masyarakat yang menghadirkan 2 Narasumber yaitu I Desak Putu Kartika Pratiwi, S.TP., M.P. dan Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb serta 2 Instruktur Putu Julyantika Nica Dewi, S.TP., M.TP. dan I Gede Arie Mahendra Putra, S.TP., M.TP. yang merupakan dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. 

Bapak Kadis, Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si. berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kualitas produk gula yang dihasilkan di Desa Sudaji, beliau juga mengatakan kolaborasi ini pasti akan terus dilaksanakan guna meningkatkan dan mengembangkan olahan pangan khas Kabupaten Buleleng yang berasal dari potensi Desa yang ada di daerah Buleleng dan juga diharapkan kedepannya proses produksi dapat dilaksanakan sesuai standar, beliau juga berharap semoga kedepannya Desa Sudaji dapat menjadi Sentra Produksi Gula di daerah Buleleng, ujarnya. (BB)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3759-Kolaborasi-dengan-Pemerintah-Buleleng-Dosen-FTP-Unud-Didapuk-Jadi-Narasumber-di-Desa-Sudaji.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button