Tuesday, 27-02-2024
Kriminalitas

DPO 5 Hari, Pelaku Pembuang Orok di Bandara Ngurah Rai Ditangkap di Semarang

Foto: Tim Satreskrim Polres Bandara Ngurah Rai. (BB/HMS)

Denpasar | barometerbali – Gerak cepat Tim Garuda Bhuana Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam pengungkapan kasus penemuan orok bayi yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, di dropzone 2 terminal keberangkatan domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Minggu 15 Oktober 2023 lalu membuahkan hasil. Pelaku yang membuang orok bayi tersebut berhasil ditangkap di wilayah Semarang, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).

Penangkapan pelaku seorang perempuan ini berinisial ZDL (28) asal Semarang Timur Kota Semarang Jawa Tengah berkat adanya kerjasama dengan jajaran Subdit Jatanras Polda Jawa Tengah dengan Sat Reskrim Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Saat ini pelaku ZDL sudah tiba di Bali, Jumat (20/10/2023) dan langsung di bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali untuk dilakukan pemeriksaan kesehatannya.

Dalam keterangannya, Kasat Reskrim Iptu Rionson Ritonga, S.H, M.H. seijin Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E. mengatakan sejak penemuan orok bayi tersebut pihaknya bersama Subdit 3 Jatanras Dit Reskrimum Polda Bali langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku.

“Selain itu Kami juga melakukan koordinasi dan kerjasama dengan petugas Avsec Angkasa Pura I untuk melakukan pengecekan melalui CCTV di Tempat Kejadian Perkara (TKP) maupun di lokasi lain yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mendeteksi pelaku,” ujarnya.

Dari pengecekan CCTV tersebut kata Kasat Reskrim, terpantau ciri-ciri orang yang di duga sebagai pelaku pembuang orok bayi tersebut. Berbekal dari data-data tersebut tim melakukan pengejaran hingga terdeteksi keberadaanya di wilayah Semarang Jawa Tengah.

“Tanpa membuang-buang waktu kita langsung terbang ke Semarang, pelaku yang juga sebagai ibu kandung dari orok bayi tersebut akhirnya berhasil diamankan di rumahnya,”jelas Kasat Reskrim.

Kecepatan dalam pengungkapan hingga penangkapan pelaku pembuang orok bayi di Bandara I Gusti Ngurah Rai ini mendapat apresiasi langsung dari General Manager (GM) Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan.

“Kami mengucapkan apresiasi atas upaya seluruh pihak yang terlibat untuk mengungkap kejadian ini dengan efektif dan efisien, dalam kurun waktu yang tidak lama,”ujarnya.

Selain itu, selaku pihak pengelola bandara Kami akan terus menjalin sinergitas dengan Kantor Kepolisian Resor Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai serta seluruh Stakeholder terkait untuk penanganan peristiwa yang dapat berdampak pada keamanan dan ketertiban di lingkungan bandara seperti yang sudah berjalan baik selama ini, mengingat bandara merupakan objek vital nasional.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan bandara, karena sebagai objek vital nasional maka semua pihak berkepentingan untuk bandara agar selalu aman, tertib dan nyaman,” kata GM Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan. (BB)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button