Tuesday, 27-02-2024
Nasional

Hadirkan Terang, Srikandi PLN Beri Bantuan Listrik Gratis Bagi Penerima Rumah Deret di Klungkung

Foto: Menteri Sosial Tri Rismaharini, melakukan peresmian rumah deret didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Forkompimda Klungkung dan Srikandi PLN (BB/HMS/PLN)

Denpasar | barometerbali – PT PLN (Persero) melalui Srikandi PLN menyalurkan bantuan sambungan listrik gratis kepada 36 penerima manfaat rumah deret bantuan Kementerian Sosial di Klungkung, Senin (23/10/2023).

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan.

“Bagus sekali ya karena kemudian (bantuan listrik gratis) tidak dibebani. Karena kalau masyarakat miskin masih harus bayar ini bayar itu dia akan sulit untuk ke luar dari kemiskinan,” ucapnya.

Risma mengatakan perlunya kolaborasi dari berbagai pihak untuk menuntaskan permasalahan kemiskinan.

“Sinergi seperti ini saya berharap bisa kita lanjutkan di seluruh Indonesia sehingga masyarakat miskin ini bisa benar – benar ke luar dari kemiskinan,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa selesai pemberian bantuan rumah deret ini, harus dikawal dan fokus pada pemberdayaan dengan memanfaatkan lahan pada lokasi rumah deret yang memiliki potensi untuk pemberdayaan masyarakat.

“Lokasi ini harus dimanfaatkan, bisa untuk menanam pandan wangi atau bunga gemitir, memelihara ayam petelur atau babi. Sehingga tak hanya tinggal di rumah yang lebih layak namun juga bisa ditingkatkan untuk memiliki usaha,” ungkap Risma.

Dirinya berharap dengan bantuan ini masyarakat memiliki daya tahan yang lebih kuat sehingga mampu bertahan terlebih jika ada bencana seperti saat Covid – 19 lalu.

Pada kesempatan ini, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pun menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama dan sinergi bersama dengan berbagai stakeholder termasuk PLN yang telah memberikan bantuan sambungan listrik gratis bagi warga penerima bantuan.

Ia berharap bantuan dari Menteri kepada 36 kepala keluarga ini memudahkan bagi Pemerintah untuk melakukan pengawasan dan mendampingi mereka dapat ke luar dari kemiskinan.

Senior Manager Keuangan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) yang merupakan ketua Srikandi PLN UID Bali, I Made Sumariyani mengatakan tujuan pemberian listrik gratis ini agar masyarakat kurang mampu yang memperoleh bantuan rumah deret, juga dapat memperoleh akses listrik.

“Sambungan listrik gratis dari PLN melalui TJSL dan Srikandi diharapkan bukan hanya dipergunakan untuk konsumsi kegiatan sehari – hari tetapi dapat dimanfaatkan untuk mendorong kegiatan UMKM sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat yang lebih dari listrik tersebut untuk kegiatan yang lebih produktif lagi,” ungkap Made.

Salah seorang penerima bantuan, Putu Rasmini warga Desa Pasekbali mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan.

“Sebelumnya saya meminjam rumah saudara, dan hari ini bersyukur menerima bantuan rumah deret dari Pemerintah, saya berterima kasih karena PLN sudah membantu penyediaan listriknya,” tutup Putu. (BB)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button