Tuesday, 27-02-2024
Kesehatan

Sambut World Psoriasis Day, KPNB Gelar Gathering dan Konsultasi

Foto: dr IA Ratih Wulansari Manuaba dan Founder KPNB Ni Putu Nanik Rahayu saat gathering bersama pasien psoriasis di Denpasar, Jumat (27/10/2023). (Sumber: Dok pribadi)

Denpasar | barometerbali – Komunitas Psoriasis Nasional Bali (KPNB) adalah wadah untuk memfasilitasi pasien penyintas auto immune Psoriasis. Hari Psoriasis dunia adalah setiap tanggal 29 Oktober. Dalam rangka World Psoriasis Day, KPNB mengadakan gathering World Psoriasis Day, bertemakan, “Access for all,” bersama dr IA Ratih Wulansari Manuaba, SPPD-KR, MKes, MH, Finasim, Finem di Denpasar, Bali, Jumat (27/10/2023)

“Psoriasis adalah salah satu penyakit auto immune kronis yang menyerang kulit ditandai dengan bercak merah bersisik yang dapat memengaruhi persendian. Penyakit ini tidak menular dengan 2 persen populasi di seluruh dunia. Dampak penyakit ini tidak hanya pada penampilan pasien, tetapi kualitas hidup pasien secara keseluruhan,” papar dr Ratih.

Hadir dalam kegiatan tersebut founder dari Komunitas Psoriasis Nasional Bali bernama Ni Putu Nanik Rahayu berserta beberapa member yang merupakan pasien auto immune psoriasis.

“Acara berlangsung sangat baik dengan diskusi dan sharing sekaligus konsultasi langsung bersama dokter Ratih Manuaba. Semua peserta yang hadir sangat antusias dan aktif apalagi pertemuan seperti ini diadakan setahun sekali,” kata perempuan yang kerap disapa Tu Nanik ini.

Adapun kesan yang disampaikan oleh peserta menurutnya adalah adanya semangat baru, berkumpul dengan teman-teman seperjuangan dan tidak merasa sendiri.

“Saya harap setiap tahun bisa berkumpul dengan teman sepewarisan lebih banyak lagi agar saling mengenal satu dengan yang lainnya,” tutupnya.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button