Tuesday, 20-02-2024
Seremonial

Penyambutan Gelar Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe

Foto: Ida Dalem Semaraputra “megayot” (ditandu) dalam prosesi penyambutan gelar Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe di Semarapura, Klungkung, Sabtu (11/11/2023). (Sumber: Hms Res Klk)

Klungkung | barometerbali – Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta menghadiri penyambutan Ida Dalem Semaraputra (ahli waris Kerajaan Klungkung) yang menerima Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Raja Klungkung ke-XI Ida Dewa Agung Jambe, Sabtu (11/11/2023).

Penyambutan Ida Dalem Semaraputra yang menerima Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional/Dharmaning Ksatria Mahottama kepada Ida Dewa Agung Jambe yang ditetapkan sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo No.115-TK-TH2023.

Dalam penyambutan ini dihadiri oleh Plt Bupati Klungkung I Made Kasta, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, Pimpinan OPD Pemkab Klungkung, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Camat se-Kabupaten Klungkung dan tokoh puri se-Bali dan disaksikan oleh masyarakat Klungkung.

Sesampainya rombongan di Simpang Lima, Ida Dalem Semaraputra disambut oleh Tarian Hanoman dan Dewi Sita. Selanjutnya dilakukan pengalungan bunga dan ditandu bersama simbol gelar Pahlawan Nasional oleh petugas dari Sat Pol PP menuju Catus Pata dengan diiringi drum band, Tarian Rudat dan baleganjur.

Kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi Catus Pata sebanyak 3 kali diiringi Lagu Perjuangan Korsik dan baleganjur selanjutnya menuju ke Puri Agung Klungkung.

Ida Dalem Semaraputra memberikan sambutan kepada para tamu yang hadir yang intinya merasa terharu terhadap sambutan yang telah diberikan masyarakat dan berterima kasih kepada undangan yang hadir baik dari pemerintah provinsi, kabupaten, maupun masyarakat.

“Kami merasa bangga karena leluhur kami yaitu Ida Dewa Agung Jambe, Raja Klungkung XI mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional” ucap Ida Dalem Semaraputra saat memberikan sambutan.

“Semoga dengan diberikannya gelar ini bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme dan nilai perjuangan bagi warga masyarakat Kabupaten Klungkung,” lanjutnya.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta saat menghadiri kegiatan mengungkapkan rasa bangga atas diberikannya gelar pahlawan terhadap Raja Klungkung yang ke-XI Ida Dewa Agung Jambe, sehingga Ida Dalem Semaraputra sebagai Ahli Waris Raja menerima secara langsung penganugrahan diberikan Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi).

Kapolres menekankan, sebagai warga masyarakat Klungkung patut berbangga, karena putra terbaiknya mendapatkan gelar pahlawan.

“Di samping itu juga saat berlangsungnya seremonial ini, kami dari Polres Klungkung telah memploting personel untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dengan melakukan pengalihan arus dari Simpang Lima hingga Catus Pata. Sehingga setiap Pertigaan maupun perempatan sudah ditempati oleh personel Polres Klungkung sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” pungkas Kapolres Sadiarta. (BB/212)

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button