Thursday, 22-02-2024
Pendidikan

Tingkatkan SDM dalam Publikasi, Tim Jubir Unud Gelar Workshop

Foto: Workshop Adaptasi Era Digitalisasi pada Aktifitas Publikasi Menuju Internasionalisasi di Kuta, Selasa (14/11/2023). (BB/Unud)

Badung | barometerbali – Universitas Udayana (Unud) melalui Tim Juru Bicara melaksanakan Workshop Adaptasi Era Digitalisasi pada Aktifitas Publikasi Menuju Internasionalisasi, bertempat di Bali Dynasty Resort, Kuta, Selasa (14/11/2023).

Workshop ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan menyasar civitas akademika Unud, khususnya Tim dari Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS) di masing-masing Fakultas.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Bidang Perencanaan Kerjasama dan Informasi, Koordinator Kantor Urusan Internasional Unud, Kepala UPT Lab Bahasa Unud, dan Kepala UPT Perpustakaan.

Workshop ini menghadirkan empat narasumber yang mumpuni di bidangnya yaitu Putu Ayu Asty Senja Pratiwi,S.S.,M.Hum, Ph.D selaku Koordinator KUI dengan materi Internasionalisasi (Developing English Language Skill), A. A. Istri Ita Paramitha, S.Pd., M.Kom selaku Koordinator Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi dan Design, Primakara University dengan materi Managing Website: Membuat Website lebih Menarik, Ni Luh Putu Galuh Prabasari, S.IKom. dari TVRI Bali dengan materi Teknik Penyusunan Berita Publikasi yang Menarik, dan Dea Rangga Kuncoro, S.H. selaku Content Creator dengan materi Pembuatan dan Penyajian Video Publikasi yang Estetik. Selain itu hadir juga undangan 13 orang media patner Unud.

Ketua Panitia Workshop Dr. Dede Setyadi Mustika. SE. M.Si dalam laporannya menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Unud dalam rangka penyusunan dan aktivitas publikasi dari pemberitaan yang baik, sehingga mudah diserap oleh masyarakat.

Tujuannya adalah berbagai informasi positif dan prestasi yang dihasilkan oleh civitas akademika Unud dapat tersampaikan dengan baik ke seluruh elemen masyarakat.

Pelaksanaan workshop dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 14-15 November 2023. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini agar Tim UPIKS mendapatkan materi tambahan dalam bidang publikasi, sehingga setelah mengikuti workshop ini dapat diimplementasikan dalam penyusunan berita di Unit Kerja masing-masing.

Sementara Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Informasi Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes dalam membuka acara workshop ini menyampaikan bahwa framing dan story telling terkait keberadaan sebuah institusi kepada publik merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh.

“Untuk itu sangat penting diperhatikan bagaimana upaya yang dilakukan dalam membangun citra positif pada suatu institusi. Tentu saja, SDM yang memiliki kompetensi yang memadai sangat dibutuhkan dalam konteks framing dan story telling ini,” ungkapnya.

Wakil Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada para media patner yang hadir dan berharap dengan kehadiran para media dapat mendampingi menjadi fasilitator dan membantu keterampilan serta pemahaman pada aktifitas publikasi bagi peserta workshop. (BB)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6103-Tingkatkan-Kapabilitas-SDM-dalam-Publikasi-Unud-Gelar-Workshop-Adaptasi-Era-Digitalisasi-pada-Aktifitas-Publikasi-Menuju-Internasionalisasi.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button