Thursday, 22-02-2024
Event

Ribuan Penonton Saksikan Atraksi Makepung Gubernur Bali Cup 2023

Foto: Atraksi peserta dalam Makepung Gubernur Bali Cup 2023 di Sirkuit All in One, Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (19/11/2023). (Sumber: Hms/Jbr)

Jembrana | barometerbali – Pasca-vakum sekitar 3 tahun, akhirnya even Makepung Gubernur Cup kembali digelar dengan disaksikan ribuan penonton di Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (19/11/2023).

Even yang sama sebelumnya terakhir digelar pada tahun 2019. Untuk pelaksanaan kali ini mendapat sambutan yang sangat meriah dari masyarakat Jembrana tumpah ruah ke lokasi lomba balapan kerbau tersebut.

Makepung Gubernur Cup 2023 disaksikan langsung Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wabup IGN Patriana Krisna, serta unsur Forkopimda Jembrana.

Sebanyak 171 peserta mengikuti kejuaraan ini, terdiri dari blok Ijogading Timur, menerjunkan 73 pasang kerbau. Sedangkan blok Ijogading Barat menerjunkan 98 pasang kerbau.

Keseruan nampak saat joki masing-masing tim saling berupaya keras mengalahkan lawan-lawannya.

Nampak juga warga luar Jembrana serta sejumlah wisatawan asing memadati sirkuit All in One.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Bali S. M Mahendra Jaya memberikan apresiasi kepada Pemkab Jembrana atas perannya mengangkat tradisi masyarakat menjadi suatu event yang sangat luar biasa dan menarik.

Dirinya mengakui bahwa Makepung ini merupakan kearifan lokal yang ada di Jembrana dan dapat disaksikan oleh masyarakat luas.

“Saya juga pertama kali menyaksikan Makepung ini. Ini merupakan suatu langkah yang strategis, ini merupakan kearifan lokal yang ada di Jembrana, dapat disaksikan bukan hanya oleh orang Jembrana saja namun juga masyarakat luas, termasuk turis asing. Ke depannya bagaimana agar event ini menjadi even yang rutin untuk dilaksanakan,” harapnya.

Mahendra Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi. Selain itu, Ia juga melihat antusias masyarakat Jembrana sangat besar dan penuh semangat, selalu jaga kekompakannya dan sportivitas.

“Saya sangat salut dengan masyarakat Jembrana, Salut dengan Bupati dan semua pihak, ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Bupati Tamba juga menyampaikan apresiasi dan perlombaan ini menurutnya wujud perhatian Gubernur Bali itu mampu menambah semangat serta gairah sekaa makepung dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana.

Sementara itu, Koordinator Makepung, I Made Mara mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya kembali Makepung Gubernur Cup. Dirinya berharap Gubernur Cup di tahun 2024 kembali bisa diselenggarakan.

“Kami sangat berharap di tahun 2024 bagaimana caranya agar Gubernur Cup tetap diselenggarakan. Kami mohon siapapun Gubernurnya supaya tetap diselenggarakan,” pungkas Mara. (216)

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button