Sunday, 21-07-2024
Pendidikan

FPar Unud “Field Research” Diseminasi Hasil Penelitian di Kintamani Bali

Foto: FPAR Unud Diseminasi Hasil Penelitian di Kintamani Bali. (BB/FPAR/Unud)

Bangli | barometerbali – Fakultas Pariwisata (FPar) Universitas Udayana telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Penulisan Jurnal dan Field Research Diseminasi Hasil Penelitian di Desa Songan, Kintamani, Bangli.

Kegiatan ini turut mengundang stakeholders pariwisata Kintamani diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bangli,  PHRI Kab. Bangli, Pengelola Batur Unesco Global Geopark Kintamani, Asosiasi P3GB, dan Kepala Desa Songan, Jumat (10/11/2023).

Kegiatan Field Research Diseminasi Penelitian berlokasi di Toya Devasya Geopak Resort & Villas dan dibuka secara langsung oleh Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si. selaku Wakil Dekan Akademik dan Perencanaan.

Menurutnya acara ini adalah momentum yang baik bagi stakeholder pariwisata untuk lebih concern terhadap keberlanjutan pariwisata di Kintamani terutama Desa Songan. Dalam kegiatan ini dipaparkan hasil temuan penelitian dosen-dosen FPar dan dilakukan diskusi bersama stakeholders pariwisata setempat.

“Harapan setelah acara ini adalah para stakeholders serta FPar Universitas Udayana dapat sama-sama melakukan kerjasama dalam penelitian dan pengabdian untuk memecahkan masalah-masalah pariwisata yang ada serta mengembangkan pariwisata di Kintamani secara lebih keberlanjutan sehingga Kintamani dapat terus menjadi primadona bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” imbuhnya.

 Pembicara dalam acara ini adalah Jero Mangku I Nyoman Gede Mahayuna dengan judul Field Research Desa Songan Kintamani (Milenial & Gen Z Dalam Digitalisasi Industri Pariwisata 2024), Dr. Nyoman Ariana, SST.Par.,M.Par dengan topik Isu-Isu Pengembangan Wisata Desa Songan dan Sekitarnya,  Dr. I Putu Sudana, A.Par.,M.Par dengan topik Eksistensi Wisatawan Backpacker di Bali, dan Dr. I Made Bayu Ariwangsa, S.S.,M.Par.,M.Rech. yang concern dengan Potensi Pariwisata Petualangan di kawasan Pegunungan Batur, Kintamani.

Selain diseminasi juga dilakukan workshop yang ditujukan untuk dosen di fakultas pariwisata dengan judul Pelatihan Penulisan Publikasi Internasional yang dibawakan oleh Gde Indra Bhaskara.,M.Sc.,Ph.D.

“Kegiatan Field Research diseminasi hasil penelitian ini sangat bermanfaat untuk keberlanjutan daya tarik maupun akomodasi yang ada di desa Songan dan diharapkan para akademisi mampu memetakan beberapa permasalahan terkait pembangunan berkelanjutan dan kegiatan atraksi wisata di Desa Songan kintamani pada tahun 2024″ ujar Ketua Panitia, Anak Agung Gede Oka Ananta Prawira, S.E., M.Par.

Ia juga berharap kegiatan serupa dapat dilakukan kembali sebagai bentuk komitmen kerja sama dengan Desa Songan dan bentuk kontribusi FPar Universitas Udayana dalam memajukan sektor pariwisata di Bali. (BB/212)

Sumber: unud.ac.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button