Wednesday, 24-07-2024
Pendidikan

Universitas Udayana Raih Juara di KMI Award 2023

Foto: Mahasiswa Unud saat meramaikan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo. (BB/Unud)

Denpasar | barometerbali – Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo adalah tempat bertemunya wirausaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, mengenalkan produk dan juga membangun jejaring. KMI Expo XIV pada tahun 2023 ini dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Senin (20/11/2023).

Pada expo tahun ini, Universitas Udayana mengirimkan delegasi yang terdiri dari dua tim utama dan 10 tim pendukung untuk berpartisipasi.

Tim-tim ini telah melalui proses seleksi proposal yang ketat untuk lolos pendanaan P2MW dari Belmawa, dan kemudian setelah lolos pendanaan, tim-tim ini kembali diseleksi dengan ketat untuk dapat maju ke ajang KMI Expo XIV untuk diadu dalam KMI Award. Tahun ini, sebanyak 371 perguruan tinggi dan 493 tim turut serta memperebutkan piala KMI Award. 

Tim andalan Udayana yang dikirimkan adalah Allep Candle yang diketuai Putu Ramanda Bryanantha, dengan anggota Putu Dera Lastmi, Ni Kadek Allin Pratiwi, Ghaniya Ariska Fidiano, dan Ni Luh Putu Nirmala Jayanti yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, dengan dosen pendamping Ni Nyoman Ayu Diantini, S.E., M.M., Ph.D. Tim ini masuk dalam kategori Industri Kreatif, Seni, Budaya dan Pariwisata. 

Tim berikutnya adalah Aqua Marint yang diketuai oleh Nyoman Semarajaya Vikana Putra, dengan anggota Putu Eternalie Prajnani Welaga, Putu Mia Setya Utami, Moh Prayogi, dan I Nyoman Yodya Mahesa Sastra, dengan dosen pendamping Anak Agung Ngurah Hary Susila, S.TI., M.MT. dari Fakultas Teknik Universitas Udayana, yang berkompetisi dalam kategori Bisnis Digital. 

Seluruh tim berangkat dari Kampus Universitas Udayana di Jalan Sudirman Denpasar pada tanggal 14 November 2023 yang lalu, dilepas langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., Ph.D., menuju Kota Singaraja dimana KMI Expo XIV diadakan. 

Setelah berjuang selama 2 hari dalam KMI Expo dan melewati penjurian ketat, usaha dan kerja keras seluruh tim dari Universitas Udayana membuahkan hasil. Pada malam penganugerahan KMI Award, tanggal 17 Nopember 2023, Aqua Marint dinobatkan sebagai Juara 1 untuk kategori Bisnis Digital.

Tim Aqua Marint dengan bangga menuju atas panggung mewakili Universitas Udayana dan membentangkan bendera Universitas Udayana. Piala diserahkan oleh perwakilan dewan juri, Coach Jacob Win.

Dr. Ni Putu Sutramiani, S.Kom., MT. selaku Ketua Unit Pengembangan Kewirausahaan Universitas Udayana bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh yang telah diberikan untuk tim.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,PhD, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., Ph.D., Kepala Biro Kemahasiswaan Drs. I Ketut Kartika, Ketua USCC Dr. Drs. I Wayan Santiyasa, M.Si., seluruh staf BKM Unud, dosen pendamping dan dosen mentor, serta seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. (BB/212)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6119-Universitas-Udayana-Raih-Juara-1-KMI-Award-Kategori-Bisnis-Digital-dalam-Ajang-KMI-Expo-XIV-Tahun-2023.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button