Tuesday, 27-02-2024
Pendidikan

Unud Jadi Host di iiWAS 2023 dan MoMM 2023

Foto: pelaksanaan The 25th International Conference on Information Integration and Web Intelligence (iiWAS 2023) dan The 21st International Conference on Advances in Mobile Computing & Multimedia Intelligence (MoMM 2023). (BB/Unud)

Denpasar | barometerbali – Universitas Udayana (Unud) didaulat sebagai host dalam pelaksanaan The 25th International Conference on Information Integration and Web Intelligence (iiWAS 2023) dan The 21st International Conference on Advances in Mobile Computing & Multimedia Intelligence (MoMM 2023), Selasa (5/12/2023).

Kegiatan yang didukung oleh Web Applications Society (@WAS) ini berlangsung di Aula Gedung Pascasarjana, Kampus Sudirman Denpasar, tanggal 4 hingga 6 Desember 2023. Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik mewakil Rektor Universitas Udayana ini menghadirkan dua Keynote Speaker yakni Maureen Tanner, University of Cape Town, South Africa dengan topik The Domestication of ChatGPT by University Students dan René Mayrhofer, Johannes Kepler University Linz, Austria dengan topik The Android Platform Security Model (and the security status of actual devices).  

Pelaksanaan iiWAS 2023 ini mengambil tema “From Data to Wisdom: Collecting, Processing, Analyzing and Storing Data/Information to Support Human Intelligence”. iiWAS adalah konferensi internasional terkemuka bagi para peneliti, praktisi, dan pakar industri di bidang integrasi informasi dan intelijen web.

“Konferensi merupakan forum untuk mempresentasikan dan mendiskusikan kemajuan, tren, tantangan, dan peluang terkini terkait bidang-bidang tersebut,” ungkapnya.

Steering Committee Gabriele Kotsis, Johannes Kepler University Linz dari Austria menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 28 negara dan perwakilan dari lebih dari 75 peneliti dan akademisi dari berbagai institusi. iiWAS dan MoMM kini menjadi dua konferensi internasional yang menjadi garda terdepan inovasi dalam aplikasi berbasis web dan multimedia seluler.

“Konferensi ini menjadi forum bagi para peneliti dan praktisi dari seluruh dunia untuk berbagi tentang temuan terbaru mereka dan wawasan tentang tren dan teknologi terkini di lapangan,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara panitia di Universitas Udayana yang telah menyelenggarakan konferensi yang luar biasa ini. 

Sementara Wakil Rektor Prof. I Gede Rai Maya Temaja dalam membuka acara ini menyampaikan bahwa ini kesempatan bagus bagi para peneliti, akademisi, dan profesional industri untuk berkumpul dan berbagi pengetahuan dan keahlian mereka.

Teknologi telah mengubah cara kita mengajar dan belajar, seiring dengan munculnya platform pembelajaran online, mahasiswa kini dapat mengakses sumber daya pendidikan dari mana saja di berbagai belahan dunia.

Hal ini membuat pendidikan mudah diakses dan terjangkau bagi mahasiswa dari semua lapisan masyarakat.

Di Universitas Udayana sendiri pihaknya telah memanfaatkan teknologi dan mengintegrasikannya ke dalam bentuk kurikulum. Disamping itu juga Universitas Udayana telah mengembangkan pembelajaran online yang dirancang untuk memberikan mahasiswa pengalaman belajar yang fleksibel dan personal. Pembelajaran yang dirancang agar interaktif dan menarik, dengan fokus pada aplikasi praktis.

“Saya percaya bahwa teknologi memiliki kekuatan untuk merevolusi pendidikan dan mengubah kehidupan jutaan orang di seluruh dunia. Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari konferensi ini dan menantikan masukan dari pakar lain di bidangnya,” ujar Wakil Rektor.

iiWAS menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan, mempromosikan inovasi, dan memajukan kecanggihan dalam integrasi informasi dan kecerdasan web.

Melalui konferensi ini, para peserta dapat memperoleh wawasan berharga dan berkontribusi terhadap kemajuan bidang ini, yang pada akhirnya mengarah pada pengembangan aplikasi dan layanan web yang lebih cerdas dan efektif. (BB/212)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6171-Universitas-Udayana-Jadi-Host-Pelaksanaan-International-Conference-iiWAS-2023-dan-MoMM-2023.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button