Tuesday, 20-02-2024
Pemerintahan

Pemkot Denpasar Raih Penghargaan Anugrah Parahita Eka Praya Kategori Mentor

Foto: Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat menerima Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) kategori Mentor yang merupakan kategori tertinggi yang diserahkan langsung Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga yang diterima langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (BB/HMS)

Jakarta | barometerbali – Pemerintah Kota Denpasar, Bali kembali sukses mendulang prestasi skala nasional. Kali ini, ibukota Provinsi Bali ini meraih Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) kategori Mentor yang merupakan kategori tertinggi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga yang diterima langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Tampak hadir mendampingi dalam kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar I Gusti Agung Sri Wetrawati.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara usai menerima penghargaan menjelaskan terpilihnya Kota Denpasar meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 Kategori Utama tidak terlepas dari berbagai program dan inovasi yang dilakukan Pemkot Denpasar dalam Pengarusutamaan Gender. Anugerah ini, merupakan wujud dan apresiasi tertinggi yang diberikan Kementerian PPPA atas inovasi Kota Denpasar dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender.

Lebih lanjut dijelaskan, Pembangunan Pemberdayaan Perempuan di Kota Denpasar telah terakomodir di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Denpasar. Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender telah termuat dalam Indikator Kinerja Utama Kota Denpasar, sehingga seluruh stakeholder turut berperan dalam mewujudkan Kesetaraan gender di Kota Denpasar.

“Komitmen Pemerintah Kota Denpasar untuk mewujudkan Kesetaraan Gender telah dituangkan dalam beberapa Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota dalam upaya melindungi perempuan dan anak di Kota Denpasar,” ujarnya.

Jaya Negara mengaku bersyukur atas capaian Pemkot Denpasar meraih Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) kategori Mentor dari Kementerian PPPA RI. Penghargaan ini berhasil diraih berkat gotong-royong kerja bersama seluruh pihak. Dukungan yang besar dari LSM, perguruan tinggi, dunia usaha, maupun seluruh masyarakat Denpasar dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

“Terimakasih atas kerja keras seluruh OPD dalam mewujudkan pengarudtamaan gander, dan kami berharap, penghargaan ini menjadi cambuk untuk terus berinovasi dan merancang program yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, khususnya perempuan dan anak di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga dalam sambutannya menjelaskan, sebagai bentuk apresiasi bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai berhasil dalam penyelenggaraan penvarustamaan gender secara komprehensif, Kementerian PPPA memberikan Penganugerahan Parahita Ekapraya. Dimana, penghargaan ini dibagi dalam beberapa kategori, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama dan Mentor.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan mengevaluasi secara komprehensif, maka penyelenggaraan pengarustamaan gander akan menjadi semakin lengkap. Dimana, pelaksanaan pengarustamaan gender akan semakin memberikan ruang bagi Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk menajamkan kebijakan, program dan kegiatannya menjadi responsif gender.

Bintang Puspayoga mengajak seluruh Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur, Bupati dan Walikota, untuk mengintegrasikan perspektif gender dalam peningkatan nilai pada seluruh komponen pembentuk indeks-indeks tersebut. Hal ini sebagai bagian dari target-target yang dituangkan dalam RPJMN, RPJMD, Rencana Strategis Kementerian/Lembaga/Daerah, serta Rencana Kerja Pemerintah maupun Daerah. Sehingga secara berkelanjutan dapat terus mengupayakan terwujudkan kesetaraan gender secara komprehensif.

“Kami mengucapkan selsmat kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota semoga dapat menjadi penyemangat dalam memperjuangkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan hak perempuan untuk mewujudkan Indonesia Maju,” ujarnya

Adapun Pemerintah Kota Denpasar telah mendapatkan penghargaann Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebanyak 6 (enam) kali. Yakni pada Tahun 2012 Kategori Pratama, Tahun 2014 Kategori Utama, Tahun 2016 Kategori Mentor, Tahun 2018 Kategori Utama, Tahun 2021 Kategori Utama, dan Tahun 2023 Kategori Mentor. (BB/212)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button