Tuesday, 27-02-2024
Ekbis

Kado Nataru untuk Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Tambah SPKLU

Foto: SPKLU yang terpasang di kawasan Hotel Kempinski Nusa Dua, Badung (Sumber: Hms PLN)

Denpasar | barometerbali – Tumbuhnya jumlah pemilik kendaraan listrik di Bali membuat kebutuhan akan infrastruktur pendukung juga kian meningkat. Menanggapi fenomena ini, PT PLN (Persero) secara bertahap menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau electric vehicle (EV) charging station demi meningkatkan kenyamanan para pengguna kendaraan listrik khususnya di pulau Bali.

Data pemilik kendaraan listrik di Bali yang tercatat di Dinas Perhubungan Provinsi Bali hingga kuartal III tahun 2023 mencapai 4.047 unit dengan 86,5 persen didominasi oleh sepeda motor.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana menjelaskan bahwa dominasi pemilik kendaraan listrik roda dua sudah selayaknya diikuti oleh infrastruktur yang memadai, oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk secara bertahap menambah jumlah EV charging station demi kenyamanan pengendara.

Sejak November hingga Desember 2023, PLN berhasil menambah jumlah 10 EV charging station sehingga kini total SPKLU di Bali mencapai 63 unit yang tersebar di 28 lokasi di Pulau Dewata ini.

“PLN menambah 7 EV charging station di seputaran Nusa Dua tepatnya di depan Hotel Kempinski yang menggenapkan penambahan dari November-Desember menjadi 10 unit EV standard charging berkapasitas 7,4 kilo watt (kW),” rincinya, di Denpasar, Jumat (22/12/2023).

Udayana menyampaikan bahwa kendaraan listrik kini tak perlu ragu jika harus berkendara jauh, pasalnya EV charging station yang disediakan selain bertambah jumlahnya juga makin bervariasi jenisnya.

“SPKLU Ultra Fast Charging dengan kapasitas di atas 50 kilo watt (kW) di Bali ada 18 unit, Fast Charging yang kapasitasnya antara 22 kW sampai dengan 50 kW disediakan sejumlah 19 unit, untuk Medium Charging dan Standard Charging masing-masing berjumlah 9 unit dan 24 unit,” terang Udayana.

Dirinya berharap penambahan EV charging station diharapkan dapat memberikan kenyamanan khususnya jelang perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), serta mampu mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

“Bagi pengunjung luar pulau Bali yang berencana berlibur di Bali pada libur Nataru mendatang, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan kendaraan listriknya, pastikan kecukupan daya listrik dengan merencanakan dan memperhatikan lokasi-lokasi EV charging station yang akan dilewati,” katanya.

Terakhir dirinya menyampaikan untuk mengecek lokasi EV charging station PLN melalui aplikasi PLN Mobile di menu kendaraan listrik.

Berikut ini merupakan daftar 28 lokasi SPKLU PLN yang dapat mudah dijangkau pengemudi dan telah terdaftar di aplikasi PLN Mobile :

  1. SPKLU ANJUNGAN BETUTU GILIMANUK.
  2. SPKLU BANK BRI RENON DENPASAR.
  3. SPKLU Bank MANDIRI NUSA DUA.
  4. SPKLU BNI AREA NUSA DUA.
  5. SPKLU HAYAM WURUK.
  6. SPKLU ITDC.
  7. SPKLU KEMPINSKI.
  8. SPKLU KINTAMANI.
  9. SPKLU WISMA PLN BEDUGUL.
  10. SPKLU YONIF RAIDER 900.
  11. SPKLU MUNGGU.
  12. SPKLU PEPITO MARKET CANGGU.
  13. SPKLU PLN ULP BANGLI.
  14. SPKLU PLN ULP DENPASAR.
  15. SPKLU PLN ULP GIANYAR.
  16. SPKLU PLN ULP KARANGASEM.
  17. SPKLU PLN ULP KLUNGKUNG.
  18. SPKLU PLN ULP MENGWI.
  19. SPKLU PLN ULP NEGARA.
  20. SPKLU PLN ULP SERIRIT.
  21. SPKLU PLN ULP SINGARAJA.
  22. SPKLU PLN ULP TABANAN.
  23. SPKLU POLDA BALI.
  24. SPKLU POMDAM IX UDAYANA.
  25. SPKLU PUSPEM KAB BADUNG.
  26. SPKLU RUMAH BUMN DENPASAR.
  27. SPKLU SEMAWANG – SANUR.
  28. SPKLU TOHPATI. (rls/213)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button