Tuesday, 20-02-2024
DenpasarKomunitas

Bulan Bahasa di Panjer, Ajang Pelestarian Budaya Bali

Foto: Kelurahan Panjer Gelar Bulan Bahasa Bali, Ajang Pelestarian Bahasa dan Aksara Bali, Rabu (31/1/2024). (BB/hmsdps)

Denpasar | barometerbali – Kelurahan Panjer, Denpasar Selatan menggelar Bulan Bahasa Bali Tahun 2024 dengan tema ”Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga”. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai ajang pelestarian dan pengembangan sastra, bahasa dan aksara Bali ini di Kantor Kelurahan Panjer, Rabu (31/1/2024).

Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa menjelaskan, Kegiatan Bulan Bahasa tahun ini mengusung tema ”Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga”. Hal ini merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

Lebih lanjut dijelaskan, Bulan Bahasa Bali merupakan wahana pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama (masyarakat) Bali. Pada pelaksanaan tahun ini, Kelurahan Panjer bersinergi dengan Desa Adat Panjer melaksanakan beberapa lomba. Yakni Lomba Nyurat Aksara, Ngwacen Lontar, Masatua Bali, dan Pidarta Bahasa Bali Denpasar.

Dari berbagai lomba yang diadakan, Bulan Bahasa Bali Kelurahan Panjer Tahun 2024 diikuti peserta sebanyak 30 orang. Adapun jumlah tersebut dengan rincian nyurat aksara sebanyak 14 orang, Masatua 9 orang, Ngwacen Lontar, 3 orang, dan Pidarta, 9 orang.

“Kami berharap melalui agenda seperti ini mampu melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali sebagai warisan leluhur, sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Panjer yakni pembangunan manusia itu sendiri,” ujarnya. (BB/212)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button