Thursday, 22-02-2024
DenpasarPemerintahan

Walikota Jaya Negara Tinjau Kesiapan TPS di Kota Denpasar

Foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede saat memimpin langsung peninjauan TPS di beberapa wilayah Kota Denpasar serangkaian Pemilu Tahun 2024 pada Selasa (13/2/2024). (BB/hmsdps)

Denpasar | barometerbali – Memasuki H-1 gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melaksanakan persiapan pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna mensukseskan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Karenanya, guna memastikan seluruh persiapan berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur, Pemkot Denpasar bersama stakeholder terkait melaksanakan pemantauan TPS di Kota Denpasar yang dipimpin langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara pada Selasa (13/2).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Dandim 1611 Badung, Kolonel Inf. Teguh Waluyo, Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Wisnu Prabowo, Kajari Denpasar, Agus Setiadi, Perwakilan Pengadilan Negeri Denpasar, Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni, Ketua Bawaslu Kota Denpasar, Putu Hardy Sarjana, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Pimpinan OPD serta instansi terkait lainya.

Peninjauan diawali di TPS Banjar Petangan Gede, Kecamatan Denpasar Utara, dilanjutkan dengan melaksanakan peninjauan TPS di Banjar Mertagangga, Kecamatan Denpasar Barat. Untuk Kecamatan Denpasar Selatan peninjauan dilaksanakan di Banjar Puri Agung, Kelurahan Sesetan dan untuk Kecamatan Denpasar Timur peninjauan dilaksanakan di Banjar Kedaton, Desa Sumerta Kelod.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara bersama rombongan meninjau satu persatu sarana dan prasarana yang menjadi kelengkapan TPS. Mulai dari lokasi bilik suara, tempat duduk saksi, lokasi kotak suara hingga tempat tinta pemilih.

Walikota Jaya Negara mengatakan bahwa pemantauan ini dilaksanakan guna memastikan seluruh persiapan di TPS sudah terlaksana dengan baik serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini berkaitan dengan denah memilih yang harus disesuaikan serta pendistribusian logistik, sehingga proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar.

Jaya Negara juga mengajak seluruh masyarakat yang sudah berhak memilih untuk menggunakan hak pilih di TPS. Hal ini lantaran perhelatan Pemilu merupakan tonggak penting dalam menentukan arah pembangunan kedepan.

“Iya harus menggunakan hak pilih, jangan Golput, karena Pemilu sangat penting sekali dan kita harus berperan aktif karena pembangunan-pembangunan ini tergantung kita,” ujar Jaya Negara

Selain wajib menggunakan hal pilih serta tidak golput, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama menjaga kondusifitas agar Pemilu berjalan aman, lancar dan damai sesuai dengan asas Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

“Kita berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bijak, siapapun pilihannya yang terpenting Denpasar tetap aman, damai dan kondusif, sehingga dapat mendukung pembangunan berkelanjutan menuju Denapasar Maju,” ujar Jaya Negara

Terkait kesiapan, Jaya Negara mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari KPU Kota Denpasar bahwa secara umum persiapan pemungutan suara telah maksimal. Dimana, seluruh logistik sudah didistribusikan ke desa/kelurahan, dan saat ini sedang persiapan di masing-masing TPS.

“Menurut KPU semua logistik sudah didistribusikan, sekarang tinggal persiapan di TPS-TPS, utamanya masalah denah yang harus disesuakian dengan aturan,” jelasnya

Sermentara, Ketua KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan bahwa kesiapan seluruh TPS yang jumlahnya sebanyak 1.887 yang tersebar di empat kecamatan ini telah dilakukan pemantauan melalui PPK dan PPS. Sehingga kemungkinan terjadinya masalah dapat diminimalisir. Selain itu, pihaknya juga telah memastikan 495.896 masyarakat yang telah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya.

“Dengan segala persiapan yang terus kami maksimalkan, tentunya kami berharap pelaksanaan pemilu tahun 2024 ini dapat berjalan lancar, sukses dan kondusif, serta tentunya sesuai dengan aturan dengan tetap menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, dan rahasia,” terangnya. (BB/212)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button