Thursday, 23-05-2024
Hukum

Kunjungan Tim Forensik Polri ke NCIS Washington

Diskusi Penanganan Kasus Perempuan dan Anak

Foto: Tim Forensik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan kunjungan ke Amerika Serikat dalam rangka Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. (Sumber BB/215).

Jakarta| barometerbali – Tim Forensik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan kunjungan ke Amerika Serikat dalam rangka Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, selama 1-13 April 2024.

Tim Forensik Polri terdiri dari Kepala Bidang Kedokteran Forensik dan Ksehatan Polri, Kombes Pol. Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, Dirreskrimum Polda Jateng, Kombes Pol. Johanson Ronald Simamora, Asri pralebda SpF (Dokter forensik Dirs Polpus Kramat Jati jakarta ) dan drg. Lina (uryandokpol RS. Bhayangkara Denpasar).

Kepala Bidang Kedokteran Forensik dan Ksehatan Polri, Kombes Pol. Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, mengatakan tim forensik melakukan kunjungan ke Kantor NCIS yang ada di Washington DC dan Laboratorium Forensik Militer AS di Kota Atlanta.

“NCIS adalah unit investigasi kriminal dan merupakan lembaga penegak hukum utama yang dimiliki oleh Angkatan Laut AS, ” terang Polwan Ahli Forensik ini.

Dikatakan Polwan tiga melati dipundaknya ini, Kunjungan ke kantor NCIS cabang Washington DC, bertukar pengalaman tentang investigasi yang dilakukan oleh agen NCIS, dimana psikologi forensik membekali agen dalam melakukan investigasi terhadap kasus perempuan dan anak yang memiliki hambatan tersendiri dibandingkan dengab investigasi kasus lainnya

Sementara itu, Kunjungan ke laboratorium forensik Militer AS (USA Crime Investigation Laboratory= USACIL), dinegara bagian Georgia kota Atlanta, bertukar pengalaman tentang beberapa macam unit laboratorium (Lab) yang terdapat di dalamnya, seperti : unit penerimaan sampel, lab pemeriksaan barang bukti, lab DNA forensik, lab CODIS, lab toksikologi forensik, lab balistik, lab sidik jari, lab digital evidence, lab dokumen dan tulisan tangan, serta sesi diskusi dengan para expert di lab tersebut.

“Kita juga diskusi tentang penanganan kasus2 DVI di Indonesia juga kasus pembunuhan di Subang. Yang bisa ditangani dengan baik oleh tim forensik Indonesia,” pungkas Kombes Pol Sumy Hastry.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button