Monday, 29-04-2024
Badung

Usai Jalani Hukuman 10 Tahun, WN Rusia Diserahkan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai

Foto: Petugas Bidang Inteldakim Kantor Imigrasi Ngurah Rai kembali menjemput WNA asal Rusia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, Sabtu (13/4/2024). (Sumber: BB/Rian)

Badung | barometerbali – WNA Rusia berinisial AP, seorang pria berusia 35 tahun yang telah menyelesaikan masa hukumannya selama 10 tahun akibat kasus narkoba diserahkan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai.

AP pertama kali memasuki Indonesia pada tanggal 25 Desember 2016 melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menggunakan multi pleentry visa, dengan tujuan wisata. Namun, pada tanggal 6 Januari 2017, AP ditangkap oleh pihak kepolisian di Kantor Pos Sunset Road karena menerima paket yang
berisi narkoba.

Pada tanggal 2 Agustus 2017, AP dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun. Setelah menjalani masa hukumannya, AP kini berada di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Ngurah Rai, menunggu proses deportasi.

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Suhendra, menjelaskan bahwa penjemputan WNA yang telah bebas dari lembaga pemasyarakatan merupakan salah satu langkah yang diambil untuk memastikan penegakan hukum kita lakukan di semua bidang.

“Kami menginginkan agar WNA yang telah terbukti bersalah dan menjalani vonis hukumnya di Indonesia setelah bebas dari lembaga pemasyarakatan, segera dideportasi dan dimasukkan dalam daftar penangkalan,” terang Suhendra.

Lebih lanjut, Suhendra menegaskan komitmen Kantor Imigrasi Ngurah Rai dalam memastikan keamanan dan kedaulatan negara. “Kami akan terus mengawasi proses deportasi AP untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur hukum yang berlaku, serta menjaga kedaulatan negara dari ancaman dan gangguan yang mungkin ditimbulkan oleh individu yang telah terlibat dalam kegiatan ilegal di Indonesia,” tambahnya.

Suhendra juga menambahkan untuk biaya pendeportasian ditanggung oleh yang bersangkutan.

Reporter: Rian Ngari

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button