Thursday, 22-02-2024
Peristiwa

Bertajuk “Surya Punarbhawa”, Asta Learning Center Lepas 55 Wisudawan Kompeten

Caption: Acara Wisuda II Tahun 2022 Asta Learning Center (ALC) di Hotel Four Points by Sheraton, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, pada Selasa (12/7/2022).

Badung | barometerbali – Lembaga kursus dan pelatihan kerja terkemuka, Asta Learning Center (ALC) melaksanakan acara Wisuda II berlangsung dengan meriah di Hotel Four Points by Sheraton, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, pada Selasa (12/7/2022).

Hadir dalam acara tersebut Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kota Denpasar yang diwakili Disdikpora Denpasar Ni Made Sugiantini, Otoritas Bandara (Otban) Ngurah Rai, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Angkasa Pura I Bandara Internasional Ngurah Rai dan Instruktur-instruktur ALC, dan orangtua mahasiswa yang nampak bangga melihat putera-puterinya berhasil menamatkan pendidikan di Asta Learning Center.

Senyum sumringah para wisudawan Asta Learning Center (ALC)

Acara diawali dengan laporan dari Ketua Panitia I Gusti Ayu Apriliani Swantari yang menyatakan pelepasan wisudawan Staf Penerbangan kali ini berjumlah 55 orang, terdiri dari 25 orang putera dan 30 orang puteri.

Selanjutnya dalam pidato Kadisdikpora Denpasar yang dibacakan Ni Made Sugiantini, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Wisuda II ini. Ia memberikan dukungan atas upaya Asta Learning Center dalam mencetak lulusan terbaik di bidang penerbangan, safety and security dan technical engineering yang profesional.

Di sela-sela acara, Founder sekaligus Direktur Pendidikan Asta Learning Center I Putu Gede Indra, SH menjelaskan Asta Learning Center adalah Kampus Penerbangan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan, pencarian dan pengelolaan sumber daya manusia.

“Asta Learning Center didirikan untuk mencetak dan melatih calon-calon tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri tenaga kerja. Sekarang ini kami merupakan training hub di bidang security, di bidang penerbangan dan di bidang bisnis digital,” ungkap Putu Indra.

Direktur Pendidikan Asta Learning Center Putu Gede Indra, SH (kiri) melepas secara wisudawan (ALC)

Ditanya terkait peluang kerja dan prospek ke depan bagi lulusannya, ia menegaskan masih prospektif dan dibutuhkan oleh industri tenaga kerja dan bandar udara.

“Kami sangat optimis, dengan pandemi Covid-19 ini telah berakhir, dunia penerbangan sudah terbuka, kemudian kebutuhan tenaga bisnis digital yang terus bertambah, karena sekarang start up itu terus bertumbuh. Bali khususnya dibutuhkan talent-talent untuk mengisi pekerjaan di kekosongan tersebut, sehingga untuk bisnis digital banyak sekali yang harus dilatih,” terang Putu Indra lulusan Fakultas Hukum UNIAT Jakarta tahun 2006 ini.

Sebagai lembaga pelatihan kerja yang mampu mencetak sumber daya manusia yang tangguh, kompeten dan unggul dibandingkan lembaga pelatihan kerja lainnya serta didukung perusahaan penyedia dan penyalur tenaga kerja di bandara dan maskapai penerbangan sehingga semua lulusan Asta Learning Center diserap dunia kerja.

“Sebelum wisuda, sebanyak 80 persen dari mereka sudah terserap di lapangan kerja. Ada di bandara sebagai Aircraft Marshaller, di staf penerbangannya (bagian ticketing, check in) juga sudah terserap. Kemudian Avsec-nya, Aviation Security sudah terserap. Selain itu untuk pengelolaan Bandara Internasional Lombok, support SDM-nya untuk Mandalika MotoGP kemarin. Termasuk juga kita mengelola SDM tenaga sopir dan Satpam di Bank BPD,” paparnya.

Founder sekaligus Direktur Pendidikan Asta Learning Center (ALC) Putu Gede Indra, SH (BB)

Ditanya tentang tema wisuda kali ini, yakni “Surya Punarbhawa“, Putu Indra menjelaskan makna yang tersirat di dalamnya.

“Surya artinya matahari, punarbhawa lahir kembali. Kehidupan yang lahir kembali. Kita sekarang ini sebagai pemenang Covid-19. Kita survive, kita berhasil melewati masa-masa susah kita. Sekarang dengan ide-ide dan inovasi yang ada, kita jadi optimis untuk mencapai cita-cita kita yang lebih baik setelah pandemi,” tutur pria kelahiran Singaraja, 2 Desember 1978 ini.

Acara Pengukuhan Wisudawan diisi dengan penyematan wisudawan, penyerahan penghargaan Wisudawan Terbaik, serta kesan dan pesan Wisudawan Terbaik.

Direktur yang juga Co-Founder Asta Learning Center Putu Swesty Prahayani, SE, Ak (kanan) menyerahkan plakat kepada wisudawan (ALC)

Tampil memberikan pidato kelulusan dari Wisudawan Terbaik yakni I Made Arya Pradipta. Mahasiswa Jurusan Staf Penerbangan ini menyampaikan terima kasih pada segenap jajaran pengajar dan manajemen Asta Learning Center tempat menimba ilmu yang sangat bermanfaat dalam dunia pekerjaan yang penuh persaingan. 

“Selama kuliah saya berdoa agar berhasil meraih impian. Saat itu bapak saya kritis karena gangguan klep jantung. Namun akhirnya kini bisa merayakan kelulusan bersama ayah dan ibu saya yang telah setia mendampingi. Orangtua saya sudah bisa menyaksikan satu fase yang saya impikan,” ujarnya penuh haru.

“Saya bangga pernah menjadi mahasiswa Asta Learning Center menjadi insan bermanfaat untuk kemajuan dan role model bagi masyarakat. Terima kasih juga atas dukungan dari stakeholders. Semoga makin sukses dan melahirkan alumni yang tangguh dan kompeten,” tutup Arya.

Pesan dan pesan Wisudawan Terbaik yakni I Made Arya Pradipta (BB)

Seperti diketahui, Asta Learning Center merupakan pusat pengembangan kompetensi dunia kerja di bidang penerbangan, security, safety dan bisnis digital. Asta Learning Center didirikan untuk menjawab tantangan dalam menghasilkan tenaga kerja berkualitas yang memiliki kompetensi dasar yang jelas dan bersertifikat resmi dari Negara.

Dengan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, mendorong pelatihan di bidang penerbangan, bisnis digital, security & safety berjalan lebih efektif, kreatif dan profesional yang disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini.

Didukung oleh fasilitas pendidikan dan latihan yang lengkap serta instruktur yang merupakan praktisi andal di bidangnya, lembaga pendidikan ini optimis untuk mencetak sumber daya manusia yang siap berkompetisi dan diterima oleh industri penerbangan, digital marketing and sales dan security di Indonesia. 

Pada awalnya berdiri pada tahun 22 Desember 2016, yang pada saat itu masih bernama LPK Astacademy di kawasan Kuta, sebuah pusat pelatihan di bidang penerbangan yang telah memiliki lulusan hingga 4.298 tenaga yang telah tersebar bekerja di beragam sektor. Lalu di tahun 2019 berubah nama menjadi Asta Learning Center dan berpindah ke lokasi yang lebih luas yakni di Jalan Gunung Galunggung No. 8A, Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Bali.

Asta Learning Center kini menjadi payung besar yang menaungi Avia Kampus Penerbangan, Asta Security Training, DI Academy, dan Ganesha Course (Technical Engineering). (BB/501)

Related Articles

5 Comments

  1. “Rahmat beli coca cola,,di taruh di atas meja”

    “Tamat sekolah langsung kerja ,,Yaww di ASTA “

    Keren pokokne keren 🔥🔥

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button