Tuesday, 27-02-2024
Pendidikan

UPT Bahasa dan TCI Unud Gelar Kursus Bahasa Mandarin

Foto: UPT Bahasa bekerja sama dengan TCI Universitas Udayana selenggarakan kursus Bahasa Mandarin bagi Dosen Universitas Udayana. (BB/UPT/Unud)

Denpasar | barometerbali – Bertempat di UPT Bahasa Universitas Udayana di laksanakan acara Pembukaan Kursus Bahasa Mandari bagi Dosen di Lingkungan Universitas Udayana. Kursus ini terselenggara atas kerjasama dengan Tourism Confucius Institute (TCI) Universitas Udayana.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, Prof. Gede Rai Maya Temaja, Direktur TCI China, Direktur TCI Indonesia, Ketua UPT Bahasa, dan para peserta dari berbagai fakultas, Selasa (21/11/2023).

Dalam sambutan sekaligus membuka Kursus Bahasa Mandari di Universitas Udayana, Wakil Rektor menyampaikan bahwa Bahasa Mandarin sangat penting bagi kita, karena Bali merupakan destinasi pariwisata dengan populasi tourist asal China yang besar, dan peluang kerjasama dengan universitas di China juga sangat besar.

Harapannya kepada para peserta agar memperoleh manfaat dari kursus bahasa Mandarin ini, sehingga akan membuka peluang/kesempatan untuk lebih banyak belajar dan mengembangkan diri. Pesannya agar peserta dapat manfaatkan fasilitas belajar bahasa China dengan native speaker  secara lsngsung dengan sebaik-baiknya.

Sementara Prof. Tao. selaku Direktur TCI China dalam  kesempatan ini memperkenalkan para pengajar Bahasa Mandarin yang akan mengajar pada kursus kali ini. Ini merupakan kursus pertama kali dilaksanakan oleh TCI Universitas Udayana yang berlangsung secara luring bagi Dosen Universitas Udayana.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Bahasa, Ibu Sang Ayu Isnu Maharani menyampaikan bahwa bahasa Mandarin berperan sebagai penghubung antara Indonesia dan China, meskipun awalnya diperuntukkan bagi civitas akademika Universitas Udayana, tapi kegiatan ini tidak menutup kemungkinan ke depan akan dibuka untuk umum.

Kursus ini terselenggara dengan pendanaan yang didukung sepenuhnya oleh TCI, termasuk sarana dan prasaranya.

Acara Pembukaan ini dilanjutkan dengan Pelatihan Bahasa Mandari yang didukung oleh TCI Universitas Udayana dengan menghadirkan 2 (dua) orang pengajar Bahasa Mandarin yaitu Ms. Lu Hongyan dan Ms. Tu Na yang merupakan tenaga pengajar di Nanchang University. (BB/212)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6128-UPT-Bahasa-Bekerjasama-dengan-TCI-Universitas-Udayana-Selenggarakan-Kursus-Bahasa-Mandarin-Bagi-Dosen-Universitas-Udayana.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button