Sunday, 12-05-2024
Jembrana

Tim SAR Temukan Jenazah Bocah Tenggelam di Tukad Aya

Foto: Proses evakuasi seorang bocah usia 13 tahun tenggelam di Tukad Aya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Sabtu (27/4/2024). (Sumber: BB/215/Ay).

Jembrana | barometerbali – Seorang bocah usia 13 tahun tenggelam di Tukad Aya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Sabtu (27/4/2024). Korban diketahui atas nama Yusuf Maulana, bertempat tinggal di Candikusuma, Jembrana ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi pada pukul 17.15 Wita dari Bhabinkamtibmas Desa Banyubiru. Jarak tempuh dari Pos SAR Jembrana hingga ke lokasi tidak terlalu jauh. Berselang 10 menit lamanya, 6 personel Pos SAR Jembrana telah tiba di lokasi kejadian.

Tim SAR segera mempersiapkan peralatan selam, Aqua Eye (alat deteksi bawah permukaan air) dan drone thermal, sementara salah seorang lainnya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menggali informasi.

“Memang ada saksi mata di sana, di mana sempat menceritakan ataupun kronologi yang dialami kerabatnya,” terang Dewa Hendri, Koordinator Pos SAR Jembrana.

Kejadian bermula, saat itu korban bersama teman-temannya hendak memancing. Namun nahas, ketika menyebrangi sungai dari barat ke arah timur, ia justru terseret arus dan tenggelam. Walaupun sempat berusaha berenang akan tetapi karena kelelahan, ia pun tak dapat diselamatkan. Oleh kerabatnya kejadian tersebut dilaporkan kepada pihak terkait.

Diturunkan 2 orang personel melakukan penyelaman pada titik yang dicurigai korban berada. Setelah sekitar 45 menit melakukan pencarian, akhirnya Yusuf Maulana ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Jenazahnya ditemukan kurang lebih 2 meter arah timur dari titik lokasi kejadian dan pada kedalaman 9 meter di dasar sungai yang hanya terdapat pasir serta bebatuan.

“Lalu dibawa ke Rumah Sakit Umum Negara menggunakan ambulance dari PMI,” imbuhnya.

Selama berlangsungnya operasi SAR turut melibatkan unsur SAR dari Pos SAR Jembrana (Basarnas Bali), Polair Polres Jembrana, Bhabinkamtibmas, PMI Kabupaten Jembrana, BPBD Kabupaten Jembrana, Potensi SAR 115, perangkat Desa Banyubiru serta masyarakat setempat.

Editor: Ngurah Dibia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button