Thursday, 25-07-2024
Peristiwa

Pekerja PDAM Hanyut di Dam Peraupan Ditemukan di Padanggalak

Kolase foto: Jenazah korban Nyoman Patra (44) yang terseret arus di Dam Peraupan (kiri) akhirnya ditemukan warga di Pantai Padanggalak, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur (kanan) Rabu (19/10/2022) pukul 16.25 Wita. (sar/ay)

Denpasar | barometerbali – Seorang pekerja PDAM Denpasar terseret arus Sungai Ayung di Dam Peraupan, Banjar Umadesa, Peguyangan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Rabu (19/10/2022). Namun beberapa saat kemudian jenazah korban atas nama Nyoman Patra (44) asal Pemogan, Denpasar ditemukan warga di Pantai Padanggalak, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur pada pukul 16.25 Wita.

Informasi kejadian diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) pada pukul 12.05 Wita dari BPBD Kota Denpasar.

“Dari laporan Bapak Agus Suparta, diperkirakan waktu kejadian kurang lebih pukul 11.45 Wita,” terang Kepala Seksi Operasi SAR dan Kesiapsiagaan, Anak Agung Alit Supartana.

Kronologi awalnya korban sedang membersihkan sampah dan kayu di aliran dam, namun nahas diduga kakinya terpeleset seketika ia terseret arus dan menghilang. Sebanyak 6 personel diberangkatkan menuju lokasi kejadian.

Kondisi di lokasi hujan lebat dan arus di dam terlihat deras dan debit air tinggi. Tim berkoordinasi dengan unsur SAR dan membagi menjadi 3 tim di beberapa lokasi. Tim memfokuskan pencarian dari atas Dam Peraupan hingga menuju aliran Dam Oongan.

“Tim SAR gabungan melaksanakan pencarian menyisir aliran Sungai Ayung, dari LKM (Lokasi Kejadian Musibah-red) menuju ke arah hilir,” jelas Wayan Muliarsa selalu koordinator lapangan.

Penyisiran berlanjut hingga Dam Oongan dan 40 menit setelahnya diterima informasi bahwa korban telah diketemukan di Pantai Padanggalak, arah 145° dari LKM dengan jarak 9.6 km.

Selanjutnya tim merapat ke tempat penemuan dan melaksanakan evakuasi. Jenasah Nyoman Patra dibawa ke RSUP Prof Ngoerah (Sanglah) dengan menggunakan ambulans BPBD Kota Denpasar.

Unsur SAR yang terlibat selama proses pencarian diantaranya Basarnas Bali, Brimob Polda Bali, Polairud Polresta Denpasar, Pemadam Kebakaran Kota Denpasar, BPBD Kota Denpasar, PDAM Kota Denpasar, Potensi SAR Radio 115, Balawista Kota Denpasar pihak keluarga korban dan masyarakat setempat. (BB/501/ay)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button