Saturday, 18-05-2024
Peristiwa

Gempa Tektonik M2,6 Dirasakan di Lombok Barat

Gempabumi tektonik guncang Lombok Barat NTB pada Rabu, 01 Februari 2023 pukul 23.01.25 Wita. (bmkg/dps)

Lombok | barometerbali – Wilayah Lombok Barat NTB diguncang gempabumi tektonik pada Rabu, 01 Februari 2023 pukul 23.01.25 Wita.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,6. Episenter terletak pada koordinat 8,82° LS; 116,13° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km barat Lombok Barat, NTB pada kedalaman 12 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, SE, S.Si memaparkan jenis dan mekanisme gempabumi tersebut dalam keterangan pers yang diterima media barometerbali.com, Rabu (1/2/2023).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” ungkap Cahyo.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Barat dan Lombok Tengah III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) .

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tegasnya.

Hingga hari Rabu, 1 Februari 2023 pukul 23.12 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Kepada masyarakat Cahyo mengimbau pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (BB/501)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button