Sunday, 23-06-2024
Pendidikan

FK Unud Gelar Seminar dan Workshop Kegawatdaruratan Medis 2023

Seminar dan Workshop Kegawatdaruratan Medis (SKGD) 2023 mengangkat tema “TEMPORARY: The Emergency in Sport Traumatic Injury” diselenggarakan di Ruang Nusantara, Gedung Agrokomplek Universitas Udayana, Sabtu, (4/2/2023). (Foto: FK Unud)

Denpasar | barometerbali – Seminar dan Workshop Kegawatdaruratan Medis (SKGD) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Tim Bantuan Medis Janar Dūta menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) yang membahas mengenai kasus-kasus gawat darurat yang sering terjadi di lapangan.

Pada kesempatan kali ini, SKGD 2023 mengangkat tema “TEMPORARY: The Emergency in Sport Traumatic Injury” yang ditujukan kepada masyarakat umum, terutama pelajar dan tenaga kesehatan diselenggarakan di Ruang Nusantara, Gedung Agrokomplek Universitas Udayana, Sabtu, 4 Februari 2023

SKGD 2023 mengundang narasumber berpengalaman yang akan membawakan 3 materi, yaitu “The Overview of Sport Traumatic Injury”, oleh Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B,Sp.OT(K), selanjutnya “The Orthopaedic Management of Sport Injury”, oleh dr. Ida Bagus Gede Arimbawa, Sp.OT, dan yang terakhir “The Treatment and Rehabilitation of Sport Injury: Kinesiology Taping”, oleh I Pt Gde Surya Adhitya, S.Ft, M.Fis, Ph.D.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. dr. I Md. Ady Wirawan, M.P.H., Ph.D

“Sangat baik untuk mendapatkan ilmu mengenai kegawatdaruratan dalam olahraga lebih awal karena pada masa perkuliahan jarang mendapatkan pelajaran yang lebih mendalam,” ungkap Prof. Ady.

Ia menyatakan bahwa ilmu ini cakupannya sangat luas tidak hanya exercise namun juga travel sehingga ada bermacam risiko yang bisa terjadi. 

“Untuk menjadi seorang medical doctor harus bisa dalam melakukan penanganan kegawatdaruratan. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memberikan ilmu baru untuk para peserta dalam hal penanganan kegawatdaruratan,” harap Prof. Ady. (BB/501)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2521-Seminar-dan-Workshop-Kegawatdaruratan-Medis-SKGD-2023.html

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button