Monday, 11-12-2023
Pariwisata

Kapolres Klungkung Pastikan Keamanan Pelaksanaan Nusa Penida Festival 2023

Foto: Acara pembukaan Nusa Penida Festival 2023, Kamis (5/10/2023). (BB/HMS)

Klungkung | barometerbali – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Klungkung, AKBP I Nengah Sadiarta, menghadiri langsung acara pembukaan Nusa Penida Festival (NPF) 2023, bertempat di Lapangan Umum Nusa Penida, Banhar Sampalan, Batununggul, Klungkung, Kamis (5/10/2023).

NPF 2023 mengusung tema “Embraching Island Life” memberikam arti, wujud dari masyarakat pesisir yang berkarakteristik budaya dan tradisi serta lingkungan yang dapat dinikmati wisatawan, akan dilaksanakan selama tiga hari, 5-7 Oktober 2023.

Dalam keterangannya, AKBP I Nengah Sadiarta saat dikonfirmasi menyampaikan, pihaknya menyambut baik Nusa Penida Festival 2023. Selain untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar wilayah Nusa Penida, juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Nusa Penida.

Pihaknya juga memastikan, bahwa pelaksanaan festival tahunan tersebut akan berlangsung aman, dengan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif, dengan harapan pelaksanaannya berjalan lancar tak ada kendala berarti.

“Disamping itu juga, Kami dari Polres Klungkung telah memploting personel untuk amankan kegiatan Nusa Penida Festival sehingga nantinya harkamtibmas tetap kondusif,” jelas Kapolres Klungkung.

Sementara itu, dalam acara pembukaan kegiatan diawali dengan rangkaian pementasan tari Pendet Pasepan, dilakukan oleh 500 orang ibu-ibu krama Desa Adat Dalem Setra Batununggul, diiringi Upacara Pekelem di segara Batununggul, yang dipuput Ida Sira Empu Brahma Widya Nandaraksita, dilaksanakan oleh Ida Dalem Semaraputra dan Bupati Klungkung, kemudian dilanjutkan dengan Persembahyangan bersama dipandu oleh Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Klungkung.

Nusa Penida Festival 2023 dibuka secara resmi oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, ditandai dengan pemukulan kentongan bersama para tamu undangan yang hadir, Menteri Parekraf, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Legulasi Kemenparekraf/Barekraf RI, Pj. Gubernur Bali yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, Ida Dalem Semaraputra, Ketua DPRD Kab.Klungkung Anak Agung Gde Anom, Kajari Klungkung Dr. Lapatawe B. Hamka, Ketua Pengadilan Negeri Klungkung Ni Made Dewi Sukrani, para OPD Kabupaten Klungkung beserta para undangan lainnya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan serta masyarakat yang hadir dalam pembukaan Nusa Penida Festival Nusa Penida 2023, merupakan tahun ke-6 pelaksanaannya di Klungkung.

“Festival ini digelar untuk mengembalikan warga Nusa Penida, karena melihat potensi di Nusa Penida yang sangat besar khususnya di bidang pariwisata,” tambahnya. (BB/212)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button